Note

EUR/USD: Baik Bulls Maupun Bears Dapat Menguasai Pasar

· Views 13

Pasangan euro/dolar perlahan-lahan meluncur setelah kemarin gagal menguji level resistance 1.0870 (garis atas indikator Bollinger Bands pada grafik harian). Harga mencapai 1.0867, setelah itu berbalik dan menuju ke bagian bawah angka ke-8.

Jika kita melihat grafik mingguan, kita dapat melihat bahwa pasangan ini menunjukkan dinamika naik. Namun, ini adalah kasus ketika kerangka waktu mingguan tidak dapat dipercaya. Faktanya adalah bahwa pembeli pasangan euro/dolar tidak dapat mengatasi penghalang harga menengah di 1.0870 dan level resistance utama di 1.0900 (batas bawah Kumo cloud pada D1). Setidaknya, bukan ide yang baik untuk membeli saat ini, meskipun pasangan ini secara resmi berada dalam tren naik. Bulls telah mencoba mendekati angka 9 selama dua minggu berturut-turut. Namun, setiap kali mereka kembali ke posisi sebelumnya saat mendekati angka 1.0900, trader mengambil keuntungan, sehingga memadamkan dorongan naik.

Lihat juga: Mulai trading Forex dengan broker level Eropa!
EUR/USD: Baik Bulls Maupun Bears Dapat Menguasai Pasar

Latar belakang fundamental yang kontradiktif berkontribusi pada ketidakpastian tersebut. Sentimen pasar berubah dengan sangat cepat. Itulah mengapa pasangan ini tidak dapat memutuskan ke mana harus bergerak. Harga melayang di dalam batas angka ke-8, menunggu informasi penting, yang akan mendorongnya turun, di bawah level 1.0780, atau naik, di atas target 1.0900. Izinkan saya mengingatkan Anda bahwa situasi serupa terjadi pada paruh pertama bulan Februari. Selama dua minggu, pasangan ini diperdagangkan di dalam angka ke-7, menguji angka ke-6 dan ke-8. Hasilnya, tren naik menang, memungkinkan pasangan ini mengubah kisaran. Akibatnya, pasangan ini terjebak dalam kisaran 100 poin.

Kemarin adalah hari indikatif. Pasangan ini tumbuh dengan latar belakang laporan lemah yang diterbitkan di AS. Namun, pada akhirnya, mata uang ini berhasil menutup kerugiannya dan naik lebih tinggi di tengah penghindaran risiko.

Dengan demikian, menurut data, pesanan barang tahan lama AS pada bulan Januari turun 6.1%, dibandingkan dengan perkiraan penurunan 4.9%. Indikator ini menunjukkan penurunan terdalam sejak Mei 2020, ketika AS mengalami dampak dari pandemi virus corona. Pesanan inti untuk barang tahan lama, yaitu tidak termasuk transportasi, juga turun 0.3% (nilai terendah sejak November 2023), sementara sebagian besar ahli memperkirakan kenaikan 0.2%. Tidak termasuk industri pertahanan, pesanan turun 7.3% (hasil terlemah sejak Juni 2020).

Indeks kepercayaan konsumen yang dipublikasikan kemarin, yang dihitung oleh kelompok Conference Board, juga mengecewakan para bull dolar. Indikator ini menunjukkan tren kenaikan yang kuat selama tiga bulan, yaitu dari November hingga Desember, naik menjadi 110.9 poin (level tertinggi sejak Juli 2023). Januari seharusnya menjadi bulan keempat dalam seri ini, karena sebagian besar ahli memperkirakan akan melihat indikator di 114.8 (level tertinggi sejak Desember 2021). Sebaliknya, indikator tersebut keluar pada bulan Februari di 106.7 poin, jatuh ke level terendah tiga bulan. Laporan tersebut menunjukkan penurunan signifikan pada indeks situasi saat ini (menjadi 147.2 poin dari nilai sebelumnya 154.9 poin) dan indeks ekspektasi (menjadi 79.8 poin dari nilai sebelumnya 81.5 poin). Selain itu, ekspektasi inflasi 12 bulan turun secara signifikan menjadi 5.2%.

Terlebih lagi, laporan mengenai pasar real estate di AS juga mengecewakan. Indeks harga rumah S&P/Case Shiller turun -0.3% di bulan Desember, melanjutkan tren penurunan (di bulan November, indeks turun 0.2%).

Dengan latar belakang ini, indeks dolar AS turun ke 103,53, dan pasangan euro/dolar memperbarui level tertinggi harian di 1.0867. Namun, di akhir sesi perdagangan AS, pembeli kehabisan tenaga, dan penjual mengambil inisiatif. Akibatnya, pasangan ini menutup hari dengan catatan kecil.

Hal ini dapat dijelaskan oleh penghindaran risiko dan pertumbuhan imbal hasil Treasury. Pasar saham AS mengakhiri hari Selasa dengan perdagangan yang beragam. Secara khusus, indeks Dow Jones turun 0.25%. Imbal hasil obligasi pemerintah bertenor 10 tahun melewati angka 4.3%.

Presiden ECB Christine Lagarde, yang menyampaikan laporan tahunannya kepada Parlemen Eropa di awal minggu, juga tidak mendukung euro. Ia mengatakan bahwa inflasi zona euro akan terus turun, namun regulator perlu melihat lebih banyak tanda-tanda indikator yang bergerak menuju level target untuk memutuskan apakah akan melonggarkan kebijakan moneter. Ia juga menambahkan bahwa upah akan menjadi pendorong yang semakin penting untuk dinamika harga dalam beberapa kuartal mendatang. Khususnya, pertumbuhan upah di zona euro mengendur menjadi 4.5% pada kuartal keempat. Angka-angka untuk kuartal pertama 2024 akan dirilis pada bulan Mei. Rilis ini tampaknya memainkan peran kunci dalam keputusan suku bunga utama EBC.

Dengan demikian, selama satu hari, baik pembeli maupun penjual menemukan argumen untuk memperkuat posisi mereka.

Namun, pasangan ini masih diperdagangkan di dalam angka 8, yang mencerminkan keraguan umum dari bulls dan bears. Tampaknya para trader sedang menunggu rilis data penting minggu ini. Pada hari Kamis, indeks PCE inti AS akan dirilis, dan pada hari Jumat, Zona Eropa akan mengeluarkan laporan pertumbuhan inflasi. Oleh karena itu, tidak ada gunanya mempercayai fluktuasi harga intraday ini, setidaknya hingga bear menyentuh level support 1.0780 (garis tengah indikator Bollinger Bands pada grafik harian) atau hingga bulls melampaui target 1.0900 (batas bawah Kumo cloud pada timeframe yang sama). Dalam semua kasus lainnya, lebih baik mengambil pendekatan wait and see.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.