Note

Saham Anjlok 62% Sejak 2 Minggu IPO, Emiten Teknologi Ini Digembok Bursa

· Views 21
Saham Anjlok 62% Sejak 2 Minggu IPO, Emiten Teknologi Ini Digembok Bursa
Foto: Dok. Freepik
Jakarta

PT Bursa Efek Indonesia melakukan penghentian sementara perdagangan saham PT Mitra Pedagang Indonesia Tbk (MPIX). Bursa mengatakan, telah terjadi penurunan harga saham yang signifikan pada emiten emiten penyedia platform digital untuk UMKM, dan E-commerce ini.

Bursa juga menghentikan sementara perdagangan waran seri I MPIX-W. Langkah suspensi, jelas Bursa, adalah bentuk perlindungan bagi investor.

"Sehubungan dengan terjadinya penurunan harga kumulatif yang signifikan pada Saham PT Mitra Pedagang Indonesia Tbk. (MPIX) dalam rangka cooling down dan sebagai bentuk perlindungan bagi Investor, PT Bursa Efek Indonesia memandang perlu untuk melakukan penghentian sementara perdagangan Saham & Waran Seri I PT Mitra Pedagang Indonesia Tbk. (MPIX & MPIX-W)," tulis Bursa di keterbukaan informasi, Rabu (28/2/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Adapun MPIX baru mencatatkan saham di Bursa pada Senin 12 Februari lalu. Perusahaan menetapkan harga initial public offering (IPO) Rp 334 per saham.

Dikutip dari RTI harga saham MPIX berada di level 126 per lembarnya. MPIX menetapkan harga IPO 268 per sahamnya, lantas naik ke level 334 pada penutupan perdagangan hari pertama.

Artinya harga saham MPIX telah mengalami penurunan sekitar 62,28% dalam kurun waktu 2 minggu. Sementara dalam sepekan, harga saham MPIX turun sekitar 8,03%.

Adapun suspensi berlaku pada perdagangan tanggal 28 Februari 2024. Penghentian perdagangan saham MPIX berlaku di pasar reguler dan pasar tunai.

"Sedangkan penghentian sementara perdagangan Waran Seri I PT Mitra Pedagang Indonesia Tbk. (MPIX-W) dilakukan di Seluruh Pasar, dengan tujuan untuk memberikan waktu yang memadai bagi pelaku pasar untuk mempertimbangkan secara matang berdasarkan informasi yang ada dalam setiap pengambilan keputusan investasinya di Saham & Waran PT Mitra Pedagang Indonesia Tbk. (MPIX & MPIX-W)," tutup Bursa.

(ily/rrd)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.