Note

GOTO Mulai Terima Komisi Usai TikTok Shop Gabung Tokopedia, Segini Nilainya

· Views 33
GOTO Mulai Terima Komisi Usai TikTok Shop Gabung Tokopedia, Segini Nilainya
Foto: Dok. GoTo
Jakarta

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) menerima komisi jasa e-commerce atau service fee dari Tokopedia secara kuartalan mulai 1 Februari 2024. Hal itu terjadi setelah TikTok resmi mengambil alih sebagian besar saham Tokopedia.

Direktur dan Chief Financial Officer GOTO Wei-Jye Jacky Lo berharap Tokopedia dapat tumbuh selaras dengan industri sehingga GOTO akan menerima manfaat yang lebih besar dalam beberapa tahun mendatang.

"Seiring dengan penyelesaian kesepakatan pada 31 Januari 2024, kami akan mulai mendapat e-commerce service fee sejak 1 Februari," kata Jacky Lo dalam paparan publik secara virtual, Rabu (28/2/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dengan service fee tersebut, pada 2024 hasil dari lini bisnis e-commerce GOTO akan berubah positif setelah sebelumnya mencatat negatif Rp 2 triliun atau setara negatif US$ 134 juta selama 9 bulan pertama 2023.

"Dengan potensi pertumbuhan lanskap e-commerce Indonesia, kami mengharapkan e-commerce service fee yang kami terima setiap kuartal akan menjadi faktor pendorong untuk membuat bisnis semakin menguntungkan di masa depan," ucapnya.

Berdasarkan dokumen yang diterima, GOTO mengestimasi nilai layanan jasa e-commerce (service fee) dari Tokopedia bisa sebesar Rp 177 miliar per kuartal atau mencapai Rp 708 miliar per tahun. Persentase fee berjenjang yang disepakati itu berdasarkan nilai GMV pasca-kombinasi TikTok-Tokopedia.

"GOTO tidak perlu memberikan pendanaan ke Tokopedia dan dapat fokus mengembangkan ODS dan fintech, dengan tetap memperoleh pertumbuhan Tokopedia ke depan. Banyak potensi kolaborasi ODS dan fintech sehingga transaksi ini (TikTok) akan menguntungkan banyak pihak," ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, investasi TikTok ke Tokopedia telah rampung 31 Januari 2024. Dengan demikian 75,01% saham Tokopedia resmi dimiliki TikTok dan sisanya 24,99% saham tetap dimiliki GOTO.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama GOTO Patrick Walujo menyatakan kemitraan dengan Tiktok berpotensi menjadikan Tokopedia menjadi pemain nomor satu untuk bisnis e-commerce di Indonesia. Ia optimis GOTO akan mendapatkan keuntungan dengan masuknya TikTok di Tokopedia.

"Tokopedia dan TikTok memiliki pasar yang saling melengkapi dan tidak tumpang tindih. Keduanya akan menyasar segmen mass market dan urban. Dengan demikian, entitas gabungan ini menjangkau pasar yang lebih besar di Indonesia, menjanjikan potensi pertumbuhan yang signifikan," kata Patrick.

(aid/ara)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.