Note

GOTO Beberkan Proses Migrasi TikTok-Tokopedia Butuh Waktu 1,5 Bulan Lagi

· Views 21
GOTO Beberkan Proses Migrasi TikTok-Tokopedia Butuh Waktu 1,5 Bulan Lagi
Foto: Dok. GoTo
Jakarta

PT Gojek Tokopedia GoTo (Tbk) (GOTO) memastikan proses migrasi sistem TikTok ke Tokopedia berjalan dengan baik sesuai rencana dan sudah hampir selesai. Ditargetkan seluruhnya dapat selesai dalam 1,5 bulan ke depan.

"Proses integrasi dan migrasi sistem berjalan dengan baik, semua pihak berkomunikasi dengan kementerian terkait dan sepanjang sepengetahuan kami proses ini pada saat ini sudah hampir selesai. Proses diharapkan dapat seluruhnya rampung paling lambat dalam 1,5 bulan ke depan," kata Direktur Utama GOTO Patrick Walujo dalam paparan publik secara virtual, Rabu (28/2/2024).

Integrasi teknis akan memisahkan sistem elektronik TikTok dan Tokopedia sesuai Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31 Tahun 2023. Meski begitu, konsumen dipastikan akan tetap memiliki pengalaman belanja yang nyaman.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Promosi akan dilakukan di sistem elektronik TikTok, pengalaman belanja dan proses transaksi secara keseluruhan akan dilakukan di sistem elektronik back end Tokopedia. Hal ini akan memberikan pengalaman yang baik bagi pembeli dan tetap memastikan data dan sistem tetap terpisah sesuai dengan peraturan pemerintah. Penyelesaian transaksi akan dilakukan di sistem pembayaran seperti biasa," jelas Patrick.

Sebelumnya, GOTO mengumumkan penyelesaian transaksi investasi TikTok sebesar US$ 1,5 miliar ke Tokopedia. Melalui penyelesaian transaksi ini, layanan e-commerce Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia secara resmi bergabung di bawah naungan PT Tokopedia.

Pemerintah memberikan waktu hingga April 2024 bagi TikTok melakukan migrasi sistem back-end ke Tokopedia. Dengan begitu layanan e-commerce dan sosial media akan terpisah dari TikTok.

"Kemitraan dengan TikTok berpotensi menjadikan gabungan antara Tokopedia dan TikTok Shop menjadi e-commerce terdepan atau nomor satu di Indonesia. Tokopedia dan TikTok memiliki potensi sinergi yang besar dengan pasar yang saling melengkapi dan tidak tumpang tindih," beber Patrick.

(aid/ara)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.