Note

Saham Prajogo Pangestu Pesta Pora, BREN Terbang Tinggi

· Views 14
Saham Prajogo Pangestu Pesta Pora, BREN Terbang Tinggi
Saham Prajogo Pangestu Pesta Pora, BREN Terbang Tinggi. (Foto: Freepik)

IDXChannel – Saham emiten milik taipan Prajogo Pangestu kompak melonjak pada lanjutan sesi I perdagangan Rabu (28/2/2024) di tengah rencana penerbitan obligasi dan investor yang menantikan rilis laporan keuangan tahunan 2023.

Menurut data Bursa Efek Indonesia (BEI), pukul 10.39 WIB, saham emiten geotermal PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN) melonjak 8,18 persen ke Rp5.950 per saham dengan nilai transaksi Rp113 miliar dan volume perdagangan 19 juta saham.

Baca Juga:
Saham Prajogo Pangestu Pesta Pora, BREN Terbang Tinggi Rilis Lapkeu 2023, Saham Astra Melesat dan Langsung Bentuk Gap

Saham batu bara Prajogo PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN) melejit 5,15 persen ke Rp7.125 per saham, sedangkan PT Petrosea Tbk (PTRO) naik 2,11 persen.

Selain itu, saham petrokimia PT Chandra Asri Pacific Tbk (TPIA) dan induk BREN PT Barito Pacific Tbk (BRPT) masing-masing menguat 1,35 persen dan 1,03 persen.

Baca Juga:
Saham Prajogo Pangestu Pesta Pora, BREN Terbang Tinggi Astra International (ASII) Siap Tebar Dividen Rp421 per Saham

Kabar terbaru untuk Chandra Asri, perseroan akan menerbitkan Obligasi Berkelanjutan IV Chandra Asri Pacific Tahap IV tahun 2024 dengan jumlah pokok obligasi senilai Rp1,5 triliun.

Dana bersih yang diperoleh Perseroan dari hasil Obligasi ini, setelah dikurangi komisi-komisi, biaya-biaya, dan pengeluaran-pengeluaran akan digunakan oleh Perseroan seluruhnya untuk keperluan modal kerja, termasuk di antaranya pembelian bahan baku produksi dan biaya operasional untuk kegiatan usaha.

Baca Juga:
Saham Prajogo Pangestu Pesta Pora, BREN Terbang Tinggi Empat Saham Ini Masuk Radar Pantauan BEI, Kenapa?

Obligasi ini terdiri dari 3 seri, yang masing-masing ditawarkan sebesar 100% dari jumlah Pokok Obligasi. Obligasi ini diterbitkan tanpa warkat kecuali Sertifikat Jumbo Obligasi yang diterbitkan atas nama PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

Rinciannya, jumlah pokok Obligasi Seri A yang ditawarkan sebesar Rp542.375.000.000 dengan tingkat bunga tetap sebesar 7,95% per tahun, berjangka waktu 3 tahun sejak Tanggal Emisi.

Kemudian, jumlah pokok Obligasi Seri B yang ditawarkan sebesar Rp416.800.000.000 dengan tingkat bunga tetap sebesar 8,25% per tahun, berjangka waktu 5 tahun sejak Tanggal Emisi.

Selanjutnya, jumlah pokok Obligasi Seri C yang ditawarkan sebesar Rp540.825.000.000 dengan tingkat bunga tetap sebesar 8,75% per tahun, berjangka waktu 7 tahun sejak Tanggal Emisi.

Bunga Obligasi dibayarkan setiap 3 bulan sesuai dengan Tanggal Pembayaran Bunga Obligasi, terhitung sejak Tanggal Emisi.

Pembayaran Bunga Obligasi pertama akan dilakukan pada tanggal 1 Juni 2024, sedangkan pembayaran Bunga Obligasi terakhir sekaligus jatuh tempo Pelunasan Pokok Obligasi masing-masing seri akan dilakukan pada tanggal 1 Maret 2027 untuk Obligasi Seri A, tanggal 1 Maret 2029 untuk Obligasi Seri B, dan tanggal 1 Maret 2031 untuk Obligasi Seri C. Pelunasan Pokok

Obligasi dilakukan secara penuh (bullet payment) pada saat jatuh tempo.

Terkait penerbitan surat utang ini, Pefindo menetapkan pemeringkatan atas Obligasi TPIA idAA- (Double A Minus).

Peringkat tersebut berlaku untuk periode 9 Mei 2023 sampai dengan 1 Mei 2024.

Berikut jadwal penerbitan obligasi TPIA.

Perkiraan Masa Penawaran Umum: 27 Februari 2024

Perkiraan Tanggal Penjatahan: 28 Februari 2024

Perkiraan Tanggal Pengembalian Uang Pemesanan: 1 Maret 2024

Perkiraan Tanggal Distribusi Obligasi Secara Elektronik (Tanggal Emisi): 1 Maret 2024

Perkiraan Tanggal Pencatatan pada Bursa Efek Indonesia: 4 Maret 2024

(ADF)

Disclaimer: Keputusan pembelian/penjualan saham sepenuhnya ada di tangan investor.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.