Note

ASII Usulkan Rasio Pembayaran Dividen Tahun 2023 Tembus 62 Persen

· Views 24

Pasardana.id- Manajemen PT Astra International Tbk(IDX:ASII) mengusulan rasio pembayaran dividen atau dividen pay out ratio sebesar 62 persen dari laba bersih tahun buku 2023 sebeesar Rp34 triliun.

Presiden Direktur ASII, Djony Bunarto Tjondro mengatakan, usulan  atas dividen final tersebut akan disampaikan  pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Perseroan pada bulan April 2024  berdasarkan  kinerja yang sangat baik dan harga batu bara yang masih tinggi pada paruh pertama tahun 2023.

“Rasio tersebut lebih tinggi dari rata-rata rasio pembayaran dividen historis Perseroan,” ungkap dia dalam keterangan resmi, Rabu(28/2/2024).

Ia melanjutkan, usulan itu juga mencerminkan pemulihan yang terus berlanjut pascapandemi, yang memungkinkan Perseroan untuk mengembalikan sebagian excess capital kepada pemegang saham.
“Perseroan tetap yakin dengan potensi pertumbuhan jangka panjang dan kapasitas neracanya untuk terus melakukan investasi guna mendukung prioritas strategisnya,” papar dia.

Sedangkan rincianya besaran dividen yang akan kembali diterima investor, ia merinci Dividen final sebesar Rp421 per saham atau lebih kecil dari tahun 2022 sebesar  Rp552 per saham

Patut diingat, ASII  telah membayarkan dividen interim pada bulan Oktober 2023 sebesar Rp98 per saham  atau lebih besar dari tahun 2022 sebesar  Rp88 per saham.

Dengan demikian investor ASII akan menerima total dividen yang diusulkan untuk tahun 2023 menjadi Rp519 per saham atau turun dibanding tahun buku  2022 sebesar Rp640 per saham.

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.