Note

BLT Mitigasi Risiko Pangan Rp600 Ribu Dipastikan Cair Awal Bulan Depan

· Views 25

Pasardana.id - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengungkapkan pemerintah saat ini sudah memberikan bantuan sosial atau Bansos tidak hanya untuk masyarakat miskin yang berada di desil 1 dan 2.

Bahkan, kata Muhadjir, pemerintah juga sudah memberikan bantuan sosial untuk masyarakat yang hampir miskin. 

"Sekarang kalau enggak salah desil 3 ya, sampai desil 4 penerimanya. Desil 1 itu miskin ekstrem, desil 2 itu miskin, desil 3 itu setengah miskin, desil 4 itu hampir miskin. Jadi sekarang yang dibantu beras cadangan pemerintah ini sudah masyarakat yang hampir miskin," kata Muhadjir dalam keterangannya di Kantor Kemenko PMK pada Selasa, (27/2).

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, bantuan sebesar Rp 200 ribu per bulan untuk setiap KPM itu akan diberikan selama tiga bulan, yaitu Januari-Maret 2024. Pencairannya dimulai pada Februari, sehingga BLT Mitigasi Risiko Pangan Januari dan Februari digabung. 

Muhadjir juga memastikan BLT Mitigasi Risiko Pangan senilai Rp 600 ribu akan dibagikan pada awal Maret 2024, sementara bantuan pangan beras tetap akan dibagikan hingga Juni 2024. 

"BLT tetap awal Maret nanti akan diturunkan. (Jumlahnya) Rp 200 ribu itu setiap bulan (selama 3 bulan)," kata dia.

Selain BLT Mitigasi Risiko Pangan senilai Rp 600 ribu, Muhadjir mengatakan, pemerintah juga akan menggelontorkan bantuan pangan beras hingga Juni 2024. Keluarga penerima manfaat atau KPM akan menerima 10 kilogram beras.

Sementara itu, Muhadjir mengklaim, berbagai bansos yang diberikan pemerintah akan mampu menekan jumlah kemiskinan ekstrem di Indonesia. 

"Dengan adanya intervensi pemerintah melalui Bansos ini, berbagai macam paket bantuan sosial itu Insya Allah akan aman," ujar Muhadjir.

Perlu diketahui, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, butuh anggaran Rp 11,25 triliun untuk merealisasikan program BLT Mitigasi Risiko Pangan. 

Selain itu, Bendahara Negara juga menjelaskan bahwa BLT masih dibutuhkan dan akan disalurkan ke 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

Menkeu menyebut, BLT Mitigasi Pangan memiliki tujuan untuk mengatasi kemiskinan ekstrem hingga tahun 2024. Kata dia, harga pangan memiliki dampak sensitif terhadap tingkat kemiskinan dalam masyarakat.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.