Note

Dinamika EUR/USD bergantung pada kecepatan pelonggaran kebijakan moneter Fed

· Views 42

Praktik konvensional Federal Reserve AS melibatkan kenaikan suku bunga secara bertahap, sering kali disamakan dengan eskalator, ketika bertujuan untuk memoderasi aktivitas ekonomi secara perlahan. Sebaliknya, ketika dihadapkan pada resesi ekonomi yang memerlukan intervensi cepat, Federal Reserve dengan cepat menurunkan suku bunganya, sebanding dengan penurunan suku bunga yang cepat. Namun, skenario yang diantisipasi pada tahun 2024-2025 menunjukkan pendekatan yang tidak konvensional, dengan laju penyesuaian suku bunga tidak pasti. Apakah biaya pinjaman naik secara bertahap atau tidak, ketidakpastian ini akan menjadi berita baik bagi mereka yang bersikap bearish terhadap EUR/USD.

Dinamika Suku Bunga Federal

Dinamika EUR/USD bergantung pada kecepatan pelonggaran kebijakan moneter Fed

Siklus yang terjadi saat ini sangat unik karena terjadi di tengah keengganan perekonomian untuk memperlambat pertumbuhan PDB. Alih-alih melakukan soft landing, para investor justru semakin mendiskusikan akselerasi ekonomi baru. Hal ini difasilitasi oleh pasar tenaga kerja yang kuat dan kondisi keuangan yang mendukung. Namun, faktor-faktor tersebut sekaligus menimbulkan risiko percepatan harga konsumen. Risikonya cukup tinggi. Tidak mengherankan jika pejabat Federal Reserve baru mempertimbangkan untuk menurunkan suku bunga pada akhir tahun ini.

Lebih jauh lagi, Wakil Ketua Federal Reserve Philip Jefferson menyamakannya dengan soft landing pada tahun 1990-an. Saat itu, Federal Reserve mengurangi biaya pinjaman tidak hanya sekali dalam dua pertemuan, seperti yang diprediksi oleh pasar berjangka saat ini. Hal ini melonggarkan kebijakan moneter, menjeda tiga pertemuan, dan kemudian melanjutkan siklus ekspansi moneter.

Bagaimanapun, semakin positif indikator ekonomi yang diperoleh AS, semakin kecil kemungkinan proses penurunan suku bunga akan dimulai pada bulan Juni. Nordea Markets memperkirakan hal itu hanya akan terjadi pada bulan September. Pada saat itu, ECB sudah melonggarkan kebijakan moneternya pada bulan Juni. Siapa pun yang bertindak lebih dulu akan kalah. Jadwal dimulainya ekspansi moneter memberikan alasan untuk menjual EUR/USD.

Di sisi lain, euro mungkin mendapat keuntungan dari kekuatan perekonomian AS. Bersamaan dengan itu, Zona Euro juga mulai pulih, begitu pula Tiongkok. Mata uang regional bersifat pro-siklus dan bereaksi positif terhadap kabar baik mengenai PDB global. Dalam hal ini, kesimpulan dari pertemuan para menteri keuangan G20 bahwa kemungkinan terjadinya soft landing pada perekonomian global yang semakin meningkat merupakan kabar baik bagi bulls EUR/USD. Risiko utama adalah pesatnya perkembangan proses deflasi.

Dinamika Inflasi Global

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
Dinamika EUR/USD bergantung pada kecepatan pelonggaran kebijakan moneter Fed

Dinamika EUR/USD bergantung pada kecepatan pelonggaran kebijakan moneter Fed

Dengan demikian, euro tidak lagi terlihat seperti sasaran empuk seperti sebelumnya, namun perekonomian AS yang kuat tidak meninggalkan keraguan terhadap kekuatan dolar. Tidak mengherankan jika Danske Bank merekomendasikan penjualan EUR/USD saat terjadi pullback ke atas. Idealnya, pullback ini didorong oleh ekspektasi terhadap data makroekonomi penting dari Amerika Serikat. Dalam hal ini, kenaikan euro jelang rilis data pesanan barang tahan lama dan inflasi AS merupakan peluang bagus untuk menerapkan strategi ini.

Secara teknikal, pada grafik harian EUR/USD, pasangan ini gagal mendekati batas atas pada kisaran nilai wajar 1,0745–1,0875. Ketidakmampuan untuk melakukan hal ini akan menjadi tanda kelemahan bagi bulls dan alasan untuk menjual euro menuju $1,0815.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.