Note

Booming AI Nvidia Gegerkan Pasar, Rawan Mengulang Dotcom Bubble Cisco?

· Views 25
Booming AI Nvidia Gegerkan Pasar, Rawan Mengulang Dotcom Bubble Cisco?
Booming AI Nvidia Gegerkan Pasar, Rawan Mengulang Dotcom Bubble Cisco? (Foto: Nvidia)

IDXChannel - Pasar digegerkan dengan laba kuartal IV-2023 raksasa pembuat chip artificial intelligence (AI) berbasis Amerika Serikat (AS) Nvidia Corp (NVDA) yang melonjak lebih dari 700 persen.

Perusahaan mencatatkan laba per saham alias earning per share (EPS) USD5,16 yang disesuaikan versus perkiraan USD4,64 yang diperkirakan oleh survei analis oleh LSEG, yang sebelumnya dikenal sebagai Refinitiv.

Sementara laba bersih perusahaan juga melonjak 769 persen secara year on year (yoy) di level USD12,28 miliar.

Nvidia juga mencatatkan pendapatan USD22,10 miliar, lebih tinggi dibandingkan perkiraan yang mencapai USD20,62 miliar. Tren ini juga naik 265 persen secara yoy. (Lihat tabel di bawah ini.)

 Booming AI Nvidia Gegerkan Pasar, Rawan Mengulang Dotcom Bubble Cisco?

Sehari pasca laporan keuangan, saham NVDA langsung melesat naik 16,32 persen pada Kamis (22/2/2024), sehari setelah perusahaan ini membukukan laba besar yang mengalahkan perkiraan Wall Street.

Saham Nvidia mengalami peningkatan yang luar biasa, melonjak lebih dari 60 persen sejak awal tahun, didorong oleh antusiasme terhadap potensi AI. Harga saham Nvidia telah naik 64,2 persen secara year to date (YTD) sepanjang 2024. Kenaikan ini menambah kenaikan saham NVDA sebesar 238 persen pada 2023.

Seperti yang dicatat oleh Mack dan Schmidt, bisnis Nvidia telah berubah secara signifikan dalam waktu singkat. Antara tahun 2017 dan 2022, total pendapatan perusahaan meningkat dari USD7 miliar menjadi USD27 miliar.

Pertumbuhan itu semakin cepat. Pada tahun fiskal ini, pendapatan tahunan perusahaan diperkirakan meningkat lebih dari dua kali lipat dan angka tersebut diperkirakan akan melampaui angka USD100 miliar pada tahun 2026. Angka tersebut merupakan faktor pertumbuhan sebesar 14 kali lipat dalam 10 tahun.

Nilai pasar Nvidia juga telah berkembang lebih cepat, tumbuh dari sekitar USD32 miliar pada tahun 2017 menjadi USD1,2 triliun saat ini, alias tumbuh 37,5 kali lipat hanya dalam enam tahun.

Pendorong utama pertumbuhan ini adalah bisnis pusat data perusahaan, karena tingginya permintaan akan daya komputasi dari hyperscaler dan beban kerja AI.

 Segmen ini mewakili 56 persen pendapatan Nvidia pada tahun 2023, naik dari 12 persen pada tahun fiskal 2017. Menurut konsensus, pada 2026, pangsa pendapatan Nvidia dipresdiksi akan mencapai 82 persen.

Cisco, Trauma Dotcom Bubble dan Tantangan AI

Melansir Financial Times (FT), tingginya minat terhadap AI dan chip yang tercermin dalam kenaikan saham maupun pendapatan Nvidia seolah mengulang sejarah era gelembung dotcom (dotcom bubble) di tahun 2000 an.

Saat itu, para investor mengharapkan internet untuk mengubah dunia. Perusahaan telekomunikasi dan pemasok perangkat keras diproyeksi akan menjadi pemenang pasar.

Ketika internet pertama kali digunakan secara luas, perangkat keras jaringan merajai pasar. Melihat kebutuhan ini, perusahaan mulai membangun dan membeli perangkat keras dengan dasar bahwa permintaan server yang ekstrim akan terus berlanjut tanpa batas.

Saham peralatan telekomunikasi seperti Cisco melonjak lebih dari 30 kali lipat pada tahun-tahun tersebut hingga mencapai puncaknya pada tahun 2000. (Lihat grafik di bawah ini.)

Booming AI Nvidia Gegerkan Pasar, Rawan Mengulang Dotcom Bubble Cisco?

Layaknya Nvidia, pada awal tahun 2000-an, Cisco juga muncul sebagai superstar pasar saham dengan pertumbuhan pendapatan dan laba yang sangat pesat. Dalam The Halo Effect, penulis Phil Rosenzweig mengenang bagaimana perusahaan tersebut dipuji sebagai “Raja Internet.”

Faktor-faktor yang menyebabkan prestise Cisco di antaranya termasuk kinerja CEO Cisco John Chambers dalam menganalisis ketajaman perusahaan dalam mengidentifikasi, memperoleh, dan mengintegrasikan target produknya.

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.