Note

Ditanya Peluang IPO Guna Perkuat Ekspansi, Begini Jawaban Richeese Factory

· Views 49
Ditanya Peluang IPO Guna Perkuat Ekspansi, Begini Jawaban Richeese Factory
Ditanya Peluang IPO Guna Perkuat Ekspansi, Begini Jawaban Richeese Factory (foto: MNC Media)

IDXChannel - PT Richeese Kuliner Indonesia merupakan salah satu pelaku industri Quick Service Restaurant (QSR) di Indonesia yang dikenal publik lewat otensititas produknya di segmen penggemar makanan pedas.

Berdiri sejak 2011 lalu, keberadaan PT Richeese Kuliner Indonesia, dengan produknya, yaitu Richeese Factory, memiliki ceruk pasar tersendiri, yang siap untuk diperbesar melalui sejumlah rencana ekspansi.

Baca Juga:
Ditanya Peluang IPO Guna Perkuat Ekspansi, Begini Jawaban Richeese Factory Perkuat Posisi di QSR, Richeese Factory Target Tambah 50 Gerai Baru di 2024

"Kami sekarang ada lebih dari 250 gerai di seluruh Indonesia. Target ada ekspansi (penambahan) 50 (gerai) baru lagi, sehingga jadi 300 (gerai) di tahun ini," ujar PR Digital Marketing Manager Richeese Factory, Jaka Sebastian, di Jakarta, Senin (26/2/2024).

Guna membiayai aksi ekspansi tersebut, menurut Jaka, pihaknya masih akan sepenuhnya mengandalkan kekuatan dari kas internal perusahaan. Kalau pun diperlukan tambahan, opsi yang mungkin dilirik adalah pembiayaan dari perbankan.

Baca Juga:
Ditanya Peluang IPO Guna Perkuat Ekspansi, Begini Jawaban Richeese Factory Siapa Pemilik Richeese Factory? Perusahaan Makanan Cepat Saji Asli Indonesia.

Sedangkan untuk opsi pendanaan dari pasar modal melalui Penawaran Umum Perdana Saham (Initial Public Offering/IPO), Jaka mengaku bahwa pihaknya sama sekali belum terpikir ke arah sana.

"Belum ada (rencana IPO). Bahkan pembahasan internal juga belum (ada). Mungkin kalau pun (nantinya) IPO, akan lebih ke Nabati Group (induk usaha perusahaan), bukan di kami. Tapi tidak tahu juga, karena itu di ranah induk, kami tidak bisa bicara lebih jauh," ujar Jaka.

Sedangkan untuk mengejar target pembukaan gerai baru tersebut, Jaka menyebut bahwa pihaknya berusaha agar dapat membuka satu hingga empat gerai baru di setiap bulannya. Pembukaan tersebut akan diprioritaskan di kota-kota besar, seperti Jakarta, dan sejumlah daerah lain di Pulau Jawa.

"Yang utama tentu masih di Jawa, karena kita tahu pasarnya sangat besar, dan di sejumlah kota kami melihat potensinya masih besar, sehingga perlu penambahan (gerai) baru," tutur Jaka.

Guna menentukan wilayah yang tepat untuk pembukaan gerai baru tersebut, Jaka menyebut bahwa pihaknya telah melakukan sejumlah analisa, studi hingga riset berbasis teknologi, dengan program perencanaan yang matang.

"Misal kita lihat GapMaps, itu akan terungkap, bahwa restoran cepat saji sulit ditemukan di kota dengan populasi kurang dari 200.000 jiwa. Ini tentu peluang dan jadi pertimbangan bagi kami," ungkap Jaka.

Namun demikian, meski bertekad memperbanyak gerai demi memperkuat posisinya di industri, Jaka memastikan bahwa pihaknya akan tetap melakukannya secara mandiri, dan tidak membuka peluang terlibatnya pihak ketiga melalui skema franchise.

Langkah tersebut sengaja diambil sebagai strategi Richeese Factory dalam menjaga kualitas, sehingga standar produk yang diterima oleh masyarakat dapat lebih mudah untuk dipertahankan.

"Kami tidak ada rencana membuka franchise. Memang arah bisnis kami tidak ke sana, karena dengan melibatkan pihak ketiga, tantangannya ada di menjaga kualitas. Dengan sepenuhnya di bawah manajemen sendiri, maka kendali kualitas lebih bisa dipastikan," tegas Jaka. (TSA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

hello

-THE END-