Note

Pekan Ini, Kemendag Akan Panggil Tiktok dan Tokopedia

· Views 27

Pasardana.id - Tiktok dan Tokopedia akan dipanggil Kementerian Perdagangan (Kemendag) pada pekan ini. Pemanggilan ini terkait dengan sisa tenggat waktu proses migrasi yang dijanjikan sebelumnya, yakni pada Maret 2024.

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga menjelaskan, pihaknya ingin memastikan TikTok dan Tokopedia tidak lagi melanggar Permendag 31 Tahun 2023 selama proses migrasi berlangsung.

Jerry menuturkan, saat ini TikTok dan Tokopedia tengah melakukan proses migrasi untuk mematuhi Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31/2023 terkait larangan media sosial tidak boleh memfasilitasi transaksi pembayaran pada sistem elektroniknya.

Meski begitu, Jerry mengakui proses migrasi tersebut membutuhkan waktu, mengingat ada aspek teknis yang perlu diselaraskan.

"Misal dari sisi pembayaran, bagaimana transaksinya, bagaimana setelah penggabungan, itu sangat-sangat teknis. Ini yang sedang dikerjakan dan dilakukan, diproses oleh teman-teman (TikTok dan Tokopedia)," kata Jerry di Kantor Kemendag, Senin (26/2).

Sebagai informasi, kini TikTok Shop sudah kembali beroperasi di Indonesia, usai secara resmi berinvestasi ke PT Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) hingga Rp23 triliun.

Dengan demikian, perusahaan asal China ini mengakuisisi 75,01% dari seluruh modal yang ditempatkan dan disetor penuh Tokopedia.

Menyusul adanya kemitraan itu, Kemendag memberikan waktu selama 3 bulan untuk TikTok Shop dan Tokopedia melakukan masa uji coba.

 

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.