Note

Kuasai Saham Vale, MIND ID Gelontorkan Rp 4,6 T

· Views 21
Kuasai Saham Vale, MIND ID Gelontorkan Rp 4,6 T
Foto: Achmad Dwi Afriyad/detikcom
Jakarta

PT Mineral Industri Indonesia (Persero) atau MIND ID menyiapkan pendanaan sekitar US$ 300 juta atau setara Rp 4,68 triliun (kurs Rp 15.607). Anggaran itu demi untuk menambah 14% kepemilikan saham di PT Vale Indonesia Tbk (INCO).

MIND ID bersama pemegang saham asing INCO, Vale Canada Limited (VCL) dan Sumitomo Metal Mining Co. Ltd. (SMM) menyepakati harga akuisisi 14% saham INCO di angka Rp 3.050 per lembar saham.

"Nilainya Rp 3.050 per lembar (saham), kira-kira US$ 300-an tapi itu ada yang langsung primary, ada yang secondary," kata Direktur Utama MIND ID Hendi Prio Santoso di Hotel Pullman, Jakarta Pusat, Senin (26/2/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hendi mengatakan transaksi divestasi itu bakal dilunasi Juni 2024. Adapun sumber anggaran sebagian besar akan berasal dari sumber internal.

"(Pembayarannya) Insyaallah Juni (2024). Sumbernya ada internal," imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta agar menteri teknis terkait segera mengurus konversi kontrak karya (KK) INCO menjadi izin usaha pertambangan khusus (IUPK) pekan ini.

"Saya minta IUPK bisa dikeluarkan minggu ini sehingga proses akuisisi ini bisa tuntas segera. Saya ulangi tuntaskan minggu ini, Pak Menteri ESDM, Sekjen ESDM, Menteri Investasi ada di sini, tidak ada dusta di antara kita, kita bekerja untuk kebaikan negeri ini," kata Luhut.

Setelah transaksi selesai, MIND ID akan memegang sekitar 34% saham yang diterbitkan INCO dan menjadikannya pemegang saham mayoritas dalam perusahaan tersebut. VCL dan SMM masing-masing akan memegang 33,9% dan 11,5%, kemudian sekitar 20,6% akan tetap dimiliki masyarakat umum di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Untuk kepemilikan sahamnya, VCL akan mendapatkan sekitar US$ 160 juta (tunai) atas transaksi, yang diperkirakan selesai sebelum akhir 2024, setelah semua persyaratan penyelesaian transaksi dipenuhi.

Setelah selesai, transaksi ini memenuhi kewajiban divestasi Indonesia dan memenuhi syarat utama bagi INCO untuk memperpanjang masa berlaku izin pertambangannya melalui penerbitan IUPK.

(aid/hns)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.