Note

MIND ID Akan Segera Kuasai 34 Persen INCO

· Views 25

Pasardana.id - PT Mineral Industri Indonesia atau MIND ID melanjutkan rencana pembelian 14 persen kepemilikan pada PT Vale Indonesia Tbk (IDX: INCO), sehingga berpeluang menguasai 34 persen atau menjadi pemegang saham mayoritas.

Seperti diketahui, MIND ID saat ini memegang 20 persen saham INCO; Vale Canada Limited menguasai 43,79 persen; Sumitomo Metal Mining memegang 15,03 persen dan sisanya dikuasai investor publik.

Rencana itu kian mulus setelah penandatanganan perjanjian jual beli saham dalam rangka divestasi anatra MIND ID dan Vale Canada Limited (VCL), dan Sumitomo Metal Mining Co., Ltd. (SMM) pada hari ini, Senin, 26 Februari 2024.

Presiden Direktur INCO, Febriany Eddy menyampaikan, perjanjian jual beli saham itu telah selangkah lebih maju untuk mendapatkan perpanjangan Kontrak Karya dalam bentuk IUPK yang akan memberikan kepastian hukum bagi kegiatan usaha dan pengembangan bisnis kedepan.

“Kami juga sangat senang bahwa dua pemegang saham utama kami, yakni; MIND ID dan VCL, berkomitmen untuk memberikan dukungan bagi Perseroan dalam mencapai tujuan kami," ujar dia dalam keterangan resmi, Senin (26/2/2024).

Ia melanjutkan, para penjual dan pembeli saham perseroan akan mengupayakan agar penyelesaian transaksi divestasi dilakukan sesuai kesepakatan dalam waktu yang singkat dengan tetap mengikuti semua peraturan perundangan yang berlaku.

Pemberitahuan selanjutnya tentang proses atau penyelesaian divestasi akan disampaikan dalam beberapa waktu kedepan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

Secara bersamaan, proses perpanjangan Kontrak Karya dalam bentuk IUPK tengah berlangsung dan diharapkan bisa diselesaikan dalam waktu tidak lama lagi.

“Kami berharap, IUPK bisa kami dapatkan dalam waktu dekat dan kami akan fokus untuk menjalankan semua proyek pengembangan kami, baik di Pomalaa, Bahodopi dan Sorowako dengan total investasi sebesar USD9 miliar (bersama mitra) yang merupakan tahapan penting dalam sejarah perjalanan Perseroan untuk mencapai aspirasi bisnis kedepan,” papar dia.

Ia melanjutkan, dua pemegang saham utama perseroan memiliki komitmen kuat untuk mendukung keberhasilan perseroan untuk menjalankan strategi pengembangan lebih lanjut guna menghasilkan nilai tambah bagi seluruh pemegang saham dan pemangku kepentingan, serta mendukung program hilirisasi industri nikel yang telah dicanangkan oleh Pemerintah.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.