Note

Sah! MIND ID Jadi Pemegang Saham Mayoritas Vale

· Views 17
Sah! MIND ID Jadi Pemegang Saham Mayoritas Vale
Sah! MIND ID Jadi Pemegang Saham Mayoritas Vale/Foto: Achmad Dwi Afriyadi/detikcom
Jakarta

Holding industri pertambangan MIND ID resmi menambah saham 14% di PT Vale Indonesia Tbk. Hal ini ditandai dengan penandatangan dokumen transaksi pengambilalihan divestasi Vale Indonesia 'Siging of Definitive Transaction Agreement For the Acquisition of PTVI Shares'.

Penandatanganan tersebut dihadiri Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia di Hotel Pullman, Jakarta Pusat

Dengan penandatangan tersebut, MIND ID mengempit 34% dari sebelumnya 20% saham Vale Indonesia. Penambahan saham tersebut menjadikan MIND ID sebagai pemegang saham mayoritas.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Luhut mengatakan, proses panjang telah dilalui dalam penandatangan ini. Dia mengatakan, Vale merupakan perusahaan nikel dengan pengelolaan terbaik.

"Vale salah satu perusahaan nikel terbesar di Indonesia memiliki pengelolaan ESG yang baik," katanya.

"Kenapa setuju tidak ada relinquish karena ingin menjadikan model dunia penataan lingkungan PT Vale Indonesia sangat baik," tambahnya.

Erick sebelumnya menyebut dengan penambahan saham ini pihaknya akan memasukkan perwakilan dari pemerintah di jajaran direksi Vale. Penambahan saham ini memiliki arti penting untuk mendorong hilirisasi.

"Pasti ada diskusi (jajaran direksi). Nanti jajaran direksi pasti ada perwakilan dari kita karena kita kan pemegang saham tersebar 34% lalu sisanya publik," kata Erick ditemui di Menara Danareksa, Jakarta Pusat, Selasa (20/2).

"Tapi yang terpenting buat kami ketika Vale menjadi ekosistem kami, kita akan mendorong percepatan investasi dan hilirisasi di Vale yang selama ini cukup lambat," tambahnya.

Erick juga mengatakan, hilirisasi Vale menjadi momentum yang baik saat ini karena permintaan akan kendaraan listrik juga tengah meningkat. Sebagai informasi Vale merupakan perusahaan pertambangan yang mengelola nikel, di mana komoditas itu menjadi paling penting untuk memproduksi baterai mobil listrik.

"Momentum daripada hilirisasi di Vale ini adalah momentum yang sangat baik, kita bisa dilihat kemarin dari saya datang ke pameran mobil Internasional Indonesia Show sendiri saya lihat permintaan kepada mobil listrik meningkat," jelas dia.

(acd/ara)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.