Note

Pemerintah Tambah Kuota Pupuk Subsidi Jadi 9,55 Juta Ton

· Views 14
Pemerintah Tambah Kuota Pupuk Subsidi Jadi 9,55 Juta Ton
Menteri Pertanian Amran Sulaiman - Foto: Mochamad Saifudin/detikJateng
Jakarta

Pemerintah menerbitkan kebijakan untuk mempercepat penyaluran pupuk ke masyarakat. Baik pupuk subsidi maupun pupuk komersil non subsidi.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan pupuk subsidi akan ditambah kuotanya. Dari awalnya cuma 4,7 juta ton menjadi 9,55 juta ton. Amran menyatakan keputusan ini sudah disetujui langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Alhamdulillah ada kabar baik untuk petani seluruh Indonesia, ini kabar baik untuk petani seluruh Indonesia, diputuskan dalam rapat atas arahan dan keputusan bapak Presiden, pupuk jumlah kuantum pupuk dari anggaran 2024 4,7 juta ton dinaikkan menjadi 9,55 juta ton," ungkap Amran di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (26/2/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lebih lanjut, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan jumlah anggaran subsidi pupuk memang ditambahkan Rp 14 triliun. Selain itu, ada perbaikan juga pada distribusinya, masyarakat tak cuma bisa membeli pupuk dengan kartu tani, namun bisa juga dengan KTP.

"Tadi diputuskan subsidi pupuk ditambahkan Rp 14 triliun," beber Airlangga di tempat yang sama.

Selain penambahan pupuk subsidi, Airlangga bilang Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyetujui adanya usulan soal pupuk non subsidi yang didiskon 40%.

"Dan diusulkan juga tadi pak Presiden setujui, pupuk non subsidi didiskon 40%. Jadi kebutuhan pupuk disediakan lebih masif," kata Airlangga.

Airlangga dan Amran tidak menjelaskan lebih dalam soal program diskon pupuk non subsidi 40%. Hanya saja, Amran mengatakan diskon pupuk non subsidi akan diurus Kementerian BUMN.

"Insyaallah ada diskon nanti tanya pak Menteri BUMN," kata Amran.

(hal/kil)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.