Note

Prediksi IHSG Pekan Ini: Diisi Sentimen Global dan Rilis Data Inflasi Indonesia

· Views 30
Prediksi IHSG Pekan Ini: Diisi Sentimen Global dan Rilis Data Inflasi Indonesia
Prediksi IHSG Pekan Ini: Diisi Sentimen Global dan Rilis Data Inflasi Indonesia (FOTO:MNC Media)

IDXChannel - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan diisi sejumlah sentimen yang wajib diperhatikan para trader biar bisa mendulang cuan.

Community Lead PT Indo Premier Sekuritas Angga Septianus mengatakan, sentimen tersebut adalah US GDP Growth Rate yang diestimasikan sebesar 3,3% dari sebelumnya 4,9%, Core PCE Price Index yang menjadi indikator inflasi utama The Fed, dimana pada Desember lalu 0,1% lalu naik ke 0,2% pada Januari dengan konsensus di angka 0,4%.

"Selanjutnya ada sentimen inflasi Indonesia, dimana ekspektasi inflasi melemah tipis ke 2,5 atau tepatnya 2,56% dari 2,57% serta sentimen PMI Manufaktur dengan ekspektasi melemah tipis dari 52,9 ke 52,8," kata Angga dalam risetnya, Senin (26/2/2024).

Sebelumnya, IHSG pada akhir pekan lalu yang ditutup melemah di level 7.295. Pada penutupan IHSG pada Jumat (23/2) IHSG melemah - 40 poin atau -0,55%.

Menurut Angga, pelemahan market pekan lalu terpengaruh dua top losers yakni IDXTECHNO yang melemah -2,55% dan IDXFINANCE yang melemah -1,30%. Pelemahan IHSG yang tidak terlalu dalam ini disebabkan topangan 2 top gainers yakni IDXINFRA yang menguat +2,44% dan IDXHEALTH yang menguat +1,29%.

Angga menyebutkan ada sejumlah sentimen yang memengaruhi market pada pekan lalu, yakni China 5 year loan prime rate yang minus -25 bps dan 1 year rate yang stabil. Kestabilan ini mendorong sektor properti. Ia menegaskan mortgage rate yang turun menyebabkan demand property naik.

Selanjutnya ada sentimen suku bunga Indonesia yang stabil di 6% dan pasar tenaga kerja US yang masih lebih kuat dari ekspektasi, dimana initial jobless claims di angka 210.000 dari sebelumnya 213.000 dengan konsensus di angka 218.000.

Ada pula sentimen PMI Composite (manufacturing and services) yang melemah, tapi masih ekspansif di angka 51.4 dari sebelumnya 52.

Disusul sentimen net foreign buy 1W sebesar Rp2,94 triliun, dimana terjadi outflow bond market yang dibarengi inflow equity serta nilai tukar USD-IDR yang mendekati level terendah dalam sebulan.

"Semua sentimen tersebut membuat laju IHSG belum bisa berlabuh di żona hijau pada pekan lalu," tandasnya.

Berdasarkan pada data-data ekonomi dan sentimen di atas, PT Indo Premier Sekuritas merekomendasikan 3 saham untuk trading pada minggu ini hingga Jumat, 1 Maret 2024, yakni Buy IMAS (Support: 1.520, Resistance: 1.715), Buy on Pullback MTDL (Support: 560, Resistance: 615) dan Buy on Pullback BBTN (Support: 1.400, Resistance: 1.515).



(SAN)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.