Note

Disebut Berencana akan IPO, Intip Rapor Kinerja Fintech Julo

· Views 32
Disebut Berencana akan IPO, Intip Rapor Kinerja Fintech Julo
Disebut Berencana akan IPO, Intip Rapor Kinerja Fintech Julo. (Foto: Julo)

IDXChannel - Startup finansial teknologi (fintech) alias pinjaman online (pinjol) JULO dirumorkan tengah mempertimbangkan untuk menggelar penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO). Bagaimana rapor keuangan teranyarnya?

Mengutip siaran pers yang diterima IDXChannel, Senin (26/2/2024), platform layanan keuangan digital yang berfokus pada inklusi keuangan bagi masyarakat Indonesia ini, mengumumkan pencapaian pendapatan tahunan lebih dari USD120 juta, dengan total penyaluran pinjaman mengalami pertumbuhan sebesar 50% pada tahun 2023.

Baca Juga:
Disebut Berencana akan IPO, Intip Rapor Kinerja Fintech Julo Fintech Julo Dirumorkan Tengah Pertimbangkan IPO, Kapan?

Capaian ini disertai dengan pencapaian titik impas laba operasional oleh perusahaan pada Desember 2023. “Hal ini membuktikan model bisnis yang berkelanjutan dan efisiensi operasional JULO,” jelas pihak Julo, dalam keterangan resmi.

Didukung oleh para investor, seperti AC Ventures, Credit Saison, Quona Capital, and Saratoga, JULO didirikan dengan visi untuk menjadikan layanan keuangan di Indonesia menjadi lebih mudah diakses oleh semua orang.

Baca Juga:
Disebut Berencana akan IPO, Intip Rapor Kinerja Fintech Julo Anak Usaha Telkom Digiserve Buka Suara soal Kemungkinan IPO

JULO menciptakan produk pembiayaan konsumen yang unik dengan memanfaatkan data perilaku secara menyeluruh untuk menilai kredit secara inovatif.

Pendekatan ini memungkinkan JULO untuk berhasil meluncurkan dan mengelola produk kartu kredit virtual yang disesuaikan dengan kebutuhan segmen pendapatan menengah Indonesia, memberikan akses kredit pertama kali kepada jutaan orang dan mendorong pemberdayaan ekonomi di seluruh negeri.

Baca Juga:
Disebut Berencana akan IPO, Intip Rapor Kinerja Fintech Julo Raup Cuan Puluhan Triliun, Intip 5 IPO Terbesar dalam Sejarah BEI

Prestasi pertumbuhan terbaru perusahaan juga termasuk peningkatan pendapatan sebesar 73% pada 2023. JULO menyalurkan lebih dari USD454 juta dalam pinjaman pada 2023, membawa total penyaluran sejak 2016 menjadi sekitar USD1 miliar.

Perusahaan melaporkan tingkat retensi per cohort sebesar lebih dari 70%, yang mengurangi biaya akuisisi pinjaman dan meningkatkan efisiensi operasional.

Pertumbuhan JULO didukung oleh kemitraan dengan lembaga keuangan terkemuka, termasuk perusahaan global seperti Credit Saison, dan juga raksasa lokal seperti Bank Sampoerna dan Superbank, untuk memberdayakan penyaluran kepada segmen pendapatan menengah di Indonesia.

Presiden Grup JULO Ankur Mehrotra menjelaskan, “tujuan finansial utama kami adalah menghasilkan profitabilitas yang berkelanjutan bagi pemegang saham kami, dan menyediakan likuiditas, seperti IPO di kemudian hari.”

Ankur menambahkan, pihak manajemen yakin bahwa perusahaan berada di jalur yang benar dalam mengoptimalkan produk inti perseroan, mengelola risiko secara efisien melalui investasi berkelanjutan dan perhatian terhadap manajemen risiko, dan semakin mendiversifikasi portofolio produk Julo yang pada akhirnya menjadi platform layanan keuangan yang sepenuhnya terintegrasi.

JULO telah membangun fondasi untuk membangun rangkaian layanan keuangan digital lengkap (neobanking) untuk segmen pasar menengah di Indonesia.

Segmen ini menyediakan peluang hampir USD100 miliar di Indonesia saja, demikian kata Presiden Grup JULO, Ankur Mehrotra. Perusahaan baru-baru ini meluncurkan produk non-kredit, seperti asuransi pada 2023 dan akan terus memperluas penawarannya yang baru.

Masih mengutip penjelasan di siaran pers, JULO adalah pelopor layanan keuangan digital di Indonesia dengan model yang berfokus pada inklusi keuangan untuk mereka yang belum terlayani secara baik, terutama dalam segmen pendapatan menengah lokal.

JULO tidak menawarkan pinjaman berbasis jaminan, melainkan memanfaatkan data alternatif untuk penilaian kredit yang lebih mendalam.

Pendekatan ini memungkinkan JULO untuk memberikan akses kredit bagi para peminjam yang belum terlayani sebelumnya.

Dengan menggunakan analisis perilaku secara menyeluruh, JULO tidak hanya menyediakan layanan keuangan tetapi juga mendorong agenda pemberdayaan ekonomi yang lebih luas di seluruh negeri.

Sebelumnya, melansir BloombergNews, Senin (26/2), Julo menyebut, pihaknya sedang berupaya untuk melakukan IPO seiring pendapatan tahunannya mendekati USD100 juta.

Perusahaan tengah berdiskusi dengan investor untuk melakukan putaran pendanaan pra-IPO dan telah mulai menjajaki opsi untuk penawaran saham ke publik, mengutip pernyataan di pada Senin, tanpa mengungkapkan rincian rencana tersebut.

Julo berupaya menggalang dana pada saat banyak perusahaan lain sedang berjuang untuk mendapatkan modal, di tengah industri ventura secara global sedang bergulat dengan kenaikan suku bunga dan inflasi. (ADF)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.