Note

Harga Beras Masih Tinggi, Saham HOKI dan NASI Melesat Lagi

· Views 39
Harga Beras Masih Tinggi, Saham HOKI dan NASI Melesat Lagi
Harga Beras Masih Tinggi, Saham HOKI dan NASI Melesat Lagi. (Foto: MNC Media)

IDXChannel – Saham dua emiten produsen dan suplier beras PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) dan PT Wahana Inti Makmur Tbk (NASI) melejit pada lanjutan sesi I, Senin (26/2/2024).

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), pukul 10.10 WIB, saham NASI melompat 13,16 persen ke Rp86 per saham. Nilai transaksi tercatat mencapai Rp5,53 miliar dan volume perdagangan 65,13 juta saham.

Baca Juga:
Harga Beras Masih Tinggi, Saham HOKI dan NASI Melesat Lagi Gelontorkan 300 Ton Beras ke Pasar, Bos Bulog Klaim Harga Mulai Turun Rp1.500 per Kg

Dengan ini, saham pemilik brand beras Dua Tani tersebut sudah melesat22,86 persen dalam sepekan dan sebulan.

Setali tiga uang, saham HOKI tumbuh positif 2,69 persen ke level Rp191 per saham, dengan nilai transaksi Rp4,95 miliar dan volume perdagangan 26,07 juta saham.

Baca Juga:
Harga Beras Masih Tinggi, Saham HOKI dan NASI Melesat Lagi Update Terbaru Harga Beras di Pasar Induk Cipinang, Ada yang Turun

Saham emiten dengan brand HOKI dan Topi Koki ini sudah naik 11,05 persen dalam sepekan dan 14,37 persen dalam sebulan.

Harga Beras Masih Tinggi

Baca Juga:
Harga Beras Masih Tinggi, Saham HOKI dan NASI Melesat Lagi Fluktuasi Harga Pangan di Jakarta Masih Terjadi, Segini Harga Beras Premium

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta mengungkap bahwa fluktuasi harga pangan di DKI Jakarta masih terus terjadi memasuki minggu ke-3 bulan Februari 2024. 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Suharini Eliawati menyebut komoditas beras premium nyaris tembus Rp15 ribu per kilogram hingga telur ayam nyaris tembus Rp30 ribu per kilogram.

"Memasuki minggu ke-3 bulan Februari 2024 fluktuasi harga pangan di Provinsi DKI Jakarta masih terus terjadi. Harga rata-rata beras premium Rp14.907 per kg dan harga rata-rata beras medium Rp14.091 per kg. Sementara itu harga telur ayam Rp28.788 per kg," kata Suharini saat dikonfirmasi, Senin (26/2).

Eli sapaan karibnya itu menyebut stok ketersediaan pangan di Jakarta jelang memasuki bulan Ramadan dan Idul Fitri 2024 dalam kondisi cukup. Ia mengimbau agar masyarakat tidak panik dan belanja sesuai kebutuhan.

"Stok ketersediaan pangan di DKI Jakarta menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 2024 dalam kondisi yang cukup sehingga masyarakat dihimbau untuk belanja sesuai dengan kebutuhannya," ungkapnya.

Harga beras di sejumlah daerah memang tengah mengalami kenaikan, bahkan stoknya langka. Namun Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) menepis adanya isu yang beredar di publik mengenai stok beras di pasar tradisional kosong.

Kepala Bagian Perdagangan Disdagin Depok, Sony Hendro mengatakan stok beras di pasaran tetap ada meski mengalami kenaikan di atas Harga Eceran Tertinggi (HET).

“Beras premium dan medium di pasar tradisional tidak kosong, tersedia, tetapi memang harganya di atas HET,” kata Sony dalam keterangannya dikutip, Minggu (25/2/2024).

Sony menjelaskan naiknya harga beras disebabkan karena produsen gabah yang juga menaikkan harga jual. Permasalahan ini, lanjutnya, kerap dibahas setiap rapat koordinasi nasional (rakornas) pengendalian inflasi daerah tingkat nasional.

Yang jelas, pemerintah melalui Bulog terus melakukan intervensi pasar induk, pasar tradisional dan retail modern melalui program SPHP guna menyikapi harga beras saat ini. (ADF)

Disclaimer: Keputusan pembelian/penjualan saham sepenuhnya ada di tangan investor.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.