Note

Prediksi IHSG Hari Ini: Melemah ke 7.250, Cek Saham Berpotensi Raup Untung

· Views 25
Prediksi IHSG Hari Ini: Melemah ke 7.250, Cek Saham Berpotensi Raup Untung
Prediksi IHSG Hari Ini: Melemah ke 7.250, Cek Saham Berpotensi Raup Untung (FOTO: MNC Media)

IDXChannel - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi melemah terbatas pada area 7.250-7.270 pada perdagangan awal pekan, Senin (26/2/2024).

Head of Research Phintraco Sekuritas, Valdy Kurniawan mengatakan, IHSG selama sepekan ini diperkirakan fluktuatif di level 7.250-7.350.

Adapun, sentimen yang memengaruhi gerak indeks hari ini antara lain, rilis data New Home Sales Amerika Serikat (AS) periode Januari 2024 yang dijadwalkan hari ini. New Home Sales AS periode tersebut diproyeksikan akan meningkat dari yang sebelumnya sebesar 8% MoM di Desember 2023. Hal ini sejalan dengan rilis data Existing Home Sales yang mengalami peningkatan di Januari 2024 dan menjadi level tertinggi dalam lima bulan terakhir. 

“Kondisi ini mengindikasikan perbaikan aktivitas ekonomi di AS, setelah sebelumnya indeks manufaktur mencatatkan kenaikan ke atas 51,” kata Valdy dalam risetnya, Senin (26/2/2024).

Sementara dari dalam negeri, penyaluran kredit tumbuh 11,5% year on year di Januari 2024. Data ini juga menjadi indikasi peningkatan aktivitas ekonomi di Indonesia di awal 2024 ini. Selanjutnya pasar mengantisipasi data inflasi di akhir pekan ini.

Di sisi lain, indeks-indeks Wall Street ditutup beragam di Jumat (23/2/2024). Meski demikian, DJIA dan S&P 500 mencatatkan level penutupan tertinggi baru di perdagangan tersebut. 

Sebelumnya, penguatan yang lebih solid dicatatkan oleh mayoritas indeks di Eropa di Jumat (23/2/2024). Pergerakan indeks-indeks global tersebut masih dipengaruhi oleh respon pasar terhadap rilis kinerja keuangan kuartal IV 2023.

Untuk perdagangan hari ini, Valdy merekomendasikan PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGEO), PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (TKIM), PT Essa Industries Indonesia Tbk (ESSA), PT Adaro Minerals Indonesia Tbk (ADMR), PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM), dan PT XL Axiata Tbk (EXCL).

(SAN)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.