Note

Mobil Listrik Lagi Naik Daun, Cek Prospek dan Target Harga Saham ASII

· Views 43
Mobil Listrik Lagi Naik Daun, Cek Prospek dan Target Harga Saham ASII
Mobil Listrik Lagi Naik Daun, Cek Prospek dan Target Harga Saham ASII (Foto MNC Media)

IDXChannel - Penjualan otomotif pada awal 2024 tersendat oleh kontestasi Pemilu. Pada Januari ini, untuk kendaraan roda empat (4W) dan roda dua (2W) masing-masing turun 26,1% dan 3,7% YoY.

Menurut Analis Saham Panin Sekuritas, Andhika Audrey, hal ini dipicu akibat masyarakat menahan konsumsi mereka, khususnya pada barang durable goods demi kepastian politik.

Baca Juga:
Mobil Listrik Lagi Naik Daun, Cek Prospek dan Target Harga Saham ASII Mobil Listrik Mitsubishi L100 EV Bisa Disewa, Rp6 Jutaan per Bulan

"Kami estimasikan penjualan 2W dan 4W relatif akan flat seiring dengan penurunan penjualan signifikan pada Januari 2024 hingga akhir kuartal I-2024," katanya dalam risetnya, Minggu (25/2/2024).

"Serta masifnya ‘serangan’ mobil EV ke pasar otomotif dalam negeri dengan membawa sejumlah investasi lengkap dari hulu ke hilir seiring dengan insentif fiskal yang telah disahkan terkait PPN DTP (TKDN <40%) hingga akhir 2024 dengan besar 10% dari 11% PPN," dia menambahkan.

Baca Juga:
Mobil Listrik Lagi Naik Daun, Cek Prospek dan Target Harga Saham ASII Pengguna Mobil Listrik Lebih Minati Home Charging Ketimbang SPKLU, Kenapa?

Andhika merinci, penjualan otomotif mengalami perlambatan di bulan politik. Penjualan mobil domestik secara wholesales mengalami penurunan signifikan pada Januari 2024 sebanyak 69,6 ribu unit (-18,4% MoM; -26,1% YoY).

Hal serupa juga dialami oleh penjualan secara ritel untuk mobil yang tercatat turun menjadi 78,2 ribu unit (-12,7% MoM; -13,9% YoY). Bahkan penjualan sepeda motor dalam periode yang sama juga terkontraksi menjadi 592,6 ribu unit (-3,7% YoY). 

Baca Juga:
Mobil Listrik Lagi Naik Daun, Cek Prospek dan Target Harga Saham ASII Jokowi Tidak Tambah Insentif Mobil Listrik, Ini Alasannya

Penurunan ini berhubungan erat dengan seasonality penjualan otomotif menjelang Pemilu dari tahun ke tahun. Namun pemerintah, pengusaha otomotif yang tergabung di Gaikindo, serta AISI tetap optimistis dengan pencapaian target penjualan di 2024 untuk 4W dan 2W masing-masing 1,1 juta unit (2023: 1,005 juta) dan 6,5 juta unit (2023: 6,2 juta).

Halaman : 1 2 3 4

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.