Note

Mengintip 3 Kecanggihan Mobil Terbang Made in RI

· Views 26
Mengintip 3 Kecanggihan Mobil Terbang Made in RI
RI Bakal Punya Mobil Terbang, Begini Penampakannya/Foto: Tangkapan Laya Youtube Vela Aero
Jakarta

Mobil terbang bakal diproduksi dan digunakan di Indonesia. Armada pesawat kecil vertical take off landing (VTOL) sedang dikembangkan sebuah perusahaan rintisan Indonesia, Vela Aero.

Armada tersebut digadang-gadang menjadi 'mobil terbang' yang diproduksi di dalam negeri bernama Vela Alpha. PT Dirgantara Indonesia juga ikut digandeng Vela Aero untuk merealisasikan produksi armada tersebut.

Rencananya, mobil terbang made in Indonesia ini ditargetkan mulai terbang pada 2028 secara komersial. Saat ini, Vela Aero dan PT Dirgantara Indonesia sedang melakukan finalisasi pengembangan Vela Alpha.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Vela Aero dan PT Dirgantara Indonesia juga sedang melakukan sertifikasi laik terbang dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan dan juga Administrasi Penerbangan Federal Amerika Serikat (Federal Aviation Administration/FAA).

"Saat ini, Vela sedang dalam tahap desain awal program, dengan konfigurasi terbaru Alpha, dalam tahap finalisasi. Pesawat tersebut rencananya akan disertifikasi oleh FAA dan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, dengan target memasuki layanan (entering into service/EIS) menjelang akhir tahun 2028," tulis Vela Aero dalam keterangannya, Minggu (25/2/2024).

Mengintip 3 Kecanggihan Mobil Terbang Made in RIRI Bakal Punya Mobil Terbang, Begini Penampakannya Foto: Tangkapan Laya Youtube Vela Aero

Vela Aero juga menawarkan harga yang kompetitif melalui struktur biaya pengembangan yang dikontrol dengan cermat untuk pembelian unit Vela Alpha. Mobil terbang Vela Alpha akan dibanderol dengan harga di antara US$ 1,5-2 juta atau Rp 23,3-31,1 miliar (kurs Rp 15.590).

Dalam pengembangan Vela Alpha, PT Dirgantara Indonesia yang diajak bekerja sama dengan Vela Aero bakal menyediakan tempat produksi, pembuatan prototipe, hingga pengujian.

Berikut 3 Kecanggihan Mobil Terbang Made in Indonesia:


1. Energi Ramah Lingkungan

Vela Alpha dirancang sebagai armada vertical take off landing (VTOL) yang menggunakan energi ramah lingkungan berupa listrik. Vela Alpha bisa beroperasi elektrik secara penuh karena memiliki delapan pak baterai.

Namun, operasinya juga bisa dilakukan hibrida dengan tambahan mesin berbahan bakar minyak. Bila operasi dilakukan elektrik secara penuh Vela Alpha bisa menjangkau 100 km, dengan mesin hibrida bisa mencapai 500 km.

Mengintip 3 Kecanggihan Mobil Terbang Made in RIRI Bakal Punya Mobil Terbang, Begini Penampakannya Foto: Tangkapan Laya Youtube Vela Aero

2. Bentuk Futuristik

Mobil terbang ini bentuknya mirip seperti helikopter, namun baling-balingnya ada 8 tersebar di sepanjang sayapnya. Vela Alpha juga dilengkapi satu mesin propeler untuk menjelajah di udara.

Vela Alpha juga memiliki satu kabin penumpang yang dilengkapi dengan empat kursi yang cukup nyaman. Kemudinya cukup untuk satu orang.

3. Waktu Tempuh Kilat

Selain itu, Vela Alpha juga digadang-gadang bisa mempersingkat waktu tempuh secara signifikan. Sebagai gambaran, dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang ke pusat bisnis SCBD di Jakarta, bisa ditempuh hanya 8 menit.

Mobil terbang Vela Alpha dapat melaju lebih cepat daripada naik mobil yang butuh waktu 60 menit atau lebih sudah dengan kemacetannya. Jauh lebih cepat juga dibandingkan dengan naik kereta dengan waktu tempuh 40 menit.

Mengintip 3 Kecanggihan Mobil Terbang Made in RIMobil Terbang Vela Alpha Foto: Tangkapan Layar Youtube Vela Aero
(hal/ara)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.