Note

PTPP Rampungkan Proyek Bendungan Lolak Rp2 Triliun, Miliki Kapasitas Tampung 16,23 Juta M3

· Views 34
PTPP Rampungkan Proyek Bendungan Lolak Rp2 Triliun, Miliki Kapasitas Tampung 16,23 Juta M3
PTPP Rampungkan Proyek Bendungan Lolak Rp2 Triliun, Miliki Kapasitas Tampung 16,23 Juta M3 (FOTO:MNC Media)

IDXChannel - PT PP (Persero) Tbk (PTPP) telah merampungkan proyek Bendungan Lolak yang berlokasi di Kabupaten Bolaang Mongondow Provinsi Sulawesi Utara. 

Ini merupakan proyek strategis nasional bernilai Rp2,026 triliun yang dikerjakan pada 2015 sampai 2023.

Baca Juga:
PTPP Rampungkan Proyek Bendungan Lolak Rp2 Triliun, Miliki Kapasitas Tampung 16,23 Juta M3 PTPP Resmikan Jalan Tol Indrapura-Kisaran

Direktur Utama PTPP Novel Arsyad mengatakan bendungan ini memiliki kapasitas tampung sebesar 16,23 Juta M3, dengan luas genangan sebesar 101,75 hektar. 

Bendungan Lolak memiliki manfaat irigasi seluas 2.214 Hektar, Air Baku 500 lt/det, dan dapat mereduksi banjir sampai dengan 29,42%, sekaligus sebagai pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH) dengan kapasitas 2,43 MW. 

Baca Juga:
PTPP Rampungkan Proyek Bendungan Lolak Rp2 Triliun, Miliki Kapasitas Tampung 16,23 Juta M3 IHSG Hari Ini Ditutup Melemah ke 7.296, HUMI hingga PTPP Masuk Top Losers

“Alhamdulillah, satu lagi proyek bendungan yang telah diselesaikan oleh PTPP. Sebelumnya PTPP sudah menyelesaikan beberapa proyek bendungan yang merupakan Proyek Strategis Nasional yaitu Bendungan Leuwikeris, Bendungan Lausimeme, Bendungan Tamblang, dan Bendungan Tiu Suntuk Paket II,” kata Novel dalam keterangan, dikutip Minggu (25/2/2024).

Saat ini, PSN Bendungan lainnya yang sedang dibangun oleh PTPP antara lain Proyek Bendungan Bagong, Bendungan Way Apu, Bendungan Leuwikeris Lanjutan, dan Bendungan Manikin II yang akan diselesaikan di tahun 2024, serta Proyek Bendungan Bener yang ditargetkan selesai pada tahun 2025.

Baca Juga:
PTPP Rampungkan Proyek Bendungan Lolak Rp2 Triliun, Miliki Kapasitas Tampung 16,23 Juta M3 PTPP Akan Jual 14,55 Juta Saham Hasil Buyback

 “Kami optimistis dalam menyelesaikan Proyek Strategis Nasional sesuai dengan target yang telah di tentukan dan terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas dan mutu dalam rangka mendukung program pemerintah dalam pengelolaan sumber daya air demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia,” terangnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo dalam peresmian Bendungan Lolak mengatakan saat ini Indonesia memiliki sekitar 4.400 sungai, tetapi hanya memiliki 292 Bendungan. Angka ini jauh berbeda jika dibandingkan dengan negara lain yaitu RRC dengan 98 ribu bendungan dan korea selatan sebanyak 20 ribu bendungan, sehingga pengelolaan air harus menjadi konsentrasi kerja pemerintah Indonesia. 

Baca Juga:
PTPP Rampungkan Proyek Bendungan Lolak Rp2 Triliun, Miliki Kapasitas Tampung 16,23 Juta M3 PTPP Rampungkan Proyek Tol Indrapura Sumatera Utara Senilai Rp4,3 Triliun

“Diharapkan, dengan makin banyaknya pembangunan infrastruktur seperti Bendungan Lolak, Indonesia akan mampu mengelola sumber dayanya dengan lebih efektif, mendukung pertanian, mengurangi risiko bencana alam, dan memajukan produksi energi bersih bagi seluruh rakyatnya,” ucap Presiden.

(SAN)

Baca Juga:
PTPP Rampungkan Proyek Bendungan Lolak Rp2 Triliun, Miliki Kapasitas Tampung 16,23 Juta M3 Analisis Saham Pilihan: ADMR, SRTG Hingga PTPP

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.