Note

10 Saham dengan Kapitalisasi Pasar Terbesar di Jepang, Toyota Paling Wahid

· Views 47
10 Saham dengan Kapitalisasi Pasar Terbesar di Jepang, Toyota Paling Wahid
10 Saham dengan Kapitalisasi Pasar Terbesar di Jepang, Toyota Paling Wahid. (Foto: MNC Media) 

IDXChannel – Sederet saham dengan kapitalisasi pasar terbesar di Jepang merupakan perusahaan-perusahaan ternama dan para pemimpin di sektornya. 

Jepang merupakan salah satu negara dengan teknologi paling maju di dunia dan juga salah satu negara dengan perekonomian terbesar. Pada akhir 2023, Jepang tercatat memiliki PDB sebesar USD4,21 triliun dan menjadi salah satu yang terbesar di dunia setelah Amerika Serikat dan China secara nominal. 

Baca Juga:
10 Saham dengan Kapitalisasi Pasar Terbesar di Jepang, Toyota Paling Wahid 9 Daftar Saham dengan PBV Tertinggi dan PER yang Meroket, Tertarik?

Negara ini juga menjadi rumah bagi sejumlah perusahaan besar dan ternama yang turut menyokong perekonomian negara. Deretan perusahaan ini tercatat di Bursa Efek Tokyo (TSE) yang menjadi bursa efek terbesar di negeri Sakura tersebut. 

Pada Desember 2023, kapitalisasi pasar gabungan perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Tokyo bahkan tercatat mencapai sekitar 867,4 triliun yen Jepang dan merupakan angka tertinggi dalam satu dekade. Dengan kapitalisasi pasar agregat lebih dari 867 triliun yen tersebut, Bursa Efek Tokyo adalah salah satu yang terbesar di dunia.

Baca Juga:
10 Saham dengan Kapitalisasi Pasar Terbesar di Jepang, Toyota Paling Wahid Saham dengan Umur Ratusan Tahun, Pertama di Dunia IPO Sejak 1602

Lantas, apa saja saham dengan kapitalisasi pasar terbesar di Jepang saat ini? IDXChannel mengulas beberapa daftarnya sebagai berikut. 

Daftar Saham dengan Kapitalisasi Pasar Terbesar di Jepang

Dilansir dari Companies Market Cap, berikut beberapa saham dengan kapitalisasi pasar terbesar di Jepang saat ini. 

1. Toyota (TM)

Toyota Motor Corporation merupakan salah satu perusahaan terkemuka di Jepang. Perusahaan ini menempati posisi pertama sebagai saham dengan kapitalisasi pasar terbesar di Jepang saat ini. Kapitalisasi pasarnya tercatat mencapai USD316,87 miliar per Februari 2024. 

2. Mitsubishi UFJ Financial (MUFG)

Mitsubishi UFJ Financial Group adalah grup keuangan Jepang yang berkantor pusat di Chiyoda, Tokyo, Jepang. Grup ini menjadi salah satu yang terbesar di Jepang dengan aset sekitar USD2,7 triliun pada akhir Desember 2017. Grup ini juga merupakan salah satu perusahaan utama dari Mitsubishi Group. Saat ini, kapitalisasi pasar MUFG tercatat mencapai USD118,63 miliar dan menjadi yang terbesar kedua setelah Toyota. 

3. Tokyo Electron (8035.T)

Tokyo Electron merupakan perusahaan global terkemuka yang memproduksi peralatan semikonduktor inovatif. Perusahaan ini  merupakan produsen peralatan semikonduktor yang digunakan oleh hampir semua chip semikonduktor di dunia saat ini. Tak heran, perusahaan ini menjadi salah satu perusahaan dengan kapitalisasi pasar terbesar di Bursa Efek Jepang. Per Februari 2024, kapitalisasi pasar Tokyo Electron tercatat mencapai USD112,53 miliar. 

4. Keyence (6861.T)

Di posisi berikutnya dalam daftar saham dengan kapitalisasi pasar terbesar di Jepang saat ini ada Keyence Corporation. Perusahaan ini mengembangkan dan memproduksi peralatan dan solusi untuk otomatisasi pabrik, sensor, alat ukur, sistem penglihatan, pembaca kode batang, penanda laser, dan mikroskop digital. Saat ini, nilai kapitalisasi pasar Keyence mencapai USD112,10 miliar. 

5. Sony (SONY)

Selanjutnya, Sony Group Corporation menduduki peringkat kelima dalam daftar ini dengan kapitalisasi pasar mencapai USD108,42 miliar. Sony sendiri merupakan salah satu konglomerasi terbesar di Jepang. Perusahaan yang berkantor pusat di Minato, Tokyo ini dikenal dengan beragam bisnisnya meliputi produk elektronik konsumen dan profesional, permainan, hiburan, hingga layanan keuangan.

6. NTT (Nippon Telegraph & Telephone) (NPPXF)

Nippon Telegraph and Telephone Corporation (NPPFX) beroperasi sebagai perusahaan telekomunikasi di Jepang dan internasional. Perusahaan ini beroperasi melalui segmen Bisnis ICT Terintegrasi, Bisnis Komunikasi Regional, Bisnis Solusi Global, dan Lainnya. Saat ini, NPPFX  berhasil menjadi salah satu saham dengan kapitalisasi pasar terbesar di Jepang yakni sebesar USD101,92 miliar. 

7. Mitsubishi Corporation (8058.T)

Mitsubishi Corporation merupakan salah satu perusahaan terkemuka di Jepang yang bergerak di sektor otomotif dan mobilitas, gas alam, bahan dan infrastruktur industri, minyak bumi dan bahan kimia, hingga industri makanan dan konsumen. Mitsubishi Corporation menempati posisi ketujuh sebagai perusahaan dengan kapitalisasi pasar terbesar di Jepang dengan nilai market cap mencapai USD89,22 miliar. 

8. Fast Retailing (9983.T)

Fast Retailing Co., Ltd., juga menjadi salah satu perusahaan yang memiliki kapitalisasi pasar terbesar di Jepang. Nilai kapitalisasi pasarnya per Februari mencapai USD88,20 miliar.  Melalui anak perusahaannya, Fast Retailing beroperasi sebagai perancang dan pengecer pakaian di Jepang dan internasional. Perusahaan ini beroperasi melalui empat segmen yakni UNIQLO Jepang, UNIQLO Internasional, GU, dan Merek Global. Perusahaan ini dikenal dengan produksi pakaian untuk pria, wanita, anak-anak, dan bayi, serta barang dan barang lainnya. 

9. SoftBank (9984.T)

SoftBank Group Corp. merupakan perusahaan ternama di Jepang yang menyediakan layanan telekomunikasi. Perusahaan ini beroperasi melalui Bisnis Investasi Perusahaan Induk, SoftBank Vision Fund, SoftBank, Arm, dan segmen Lainnya. Perusahaan ini menawarkan komunikasi dan solusi seluler kepada pelanggan perusahaan, dan layanan broadband kepada pelanggan ritel, serta menjual perangkat seluler dan perangkat lunak. SoftBank Group Corp. didirikan pada tahun 1981 dan berkantor pusat di Tokyo, Jepang. Perusahaan ini menjadi salah satu perusahaan dengan kapitalisasi pasar terbesar di Bursa Efek Jepang dengan nilai mencapai USD85,72 miliar pada Februari 2024. 

10. Shin-Etsu Chemical (4063.T)

Saham dengan kapitalisasi pasar terbesar di Jepang berikutnya dimiliki oleh Shin-Etsu Chemical. Nilai kapitalisasi pasarnya saat ini mencapai USD83,66 miliar. Shin-Etsu Chemical sendiri merupakan perusahaan penyedia infrastruktur, elektronik, dan material fungsional di Jepang. perusahaan ini juga terlibat dalam pemrosesan dan layanan terkait khusus. 

Itulah deretan saham dengan kapitalisasi pasar terbesar di Jepang saat ini yang bisa Anda jadikan referensi.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.