Note

Pemerintah Teken Kesepakatan Divestasi Saham Vale (INCO) Awal Pekan Ini

· Views 31
Pemerintah Teken Kesepakatan Divestasi Saham Vale (INCO) Awal Pekan Ini
Pemerintah Teken Kesepakatan Divestasi Saham Vale (INCO) Awal Pekan Ini (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebut kesepakatan soal divestasi saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO) akan ditandatangani pada lusa, Senin (26/2/2024).

"(Pak Vale kabarnya Senin deal-dealan?), Ya kita juga berharap demikian karena sudah dekat lah ini," kata Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana ketika ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (23/2/2024). 

Dadan menambahkan, harga saham divestasi itu juga telah disepakati dengan MIND ID sekitar Rp3.000 per saham. "Saya tahu sudah deal aja, Pak Menteri kan sudah menyampaikan indikasi dari sisi harga," lanjutnya. 

Divestasi memang merupakan kewajiban yang telah diatur dalam regulasi. Ia pun menjamin bahwa ada kepastian perpanjangan kontrak yang habis pada 2025 tersebut. 

"Ya kan dua-duanya nempel ya (divestasi-perpanjangan kontrak). Masa udah divestasi kontraknya gak diperpanjang, dalam arti kalau tidak diperpanjang rencana sekarang tidak bisa dijamin berlanjut," terang Dadan. 

Sebagai informasi, Kontrak Karya bagi Vale Indonesia telah diamandemen pada 17 Oktober 2014 dan berlaku hingga 28 Desember 2025 mendatang. Vale berhak atas penambangan dalam luas konsesi seluas 118.017 hektar. Meliputi Sulawesi Selatan (70.566 hektar), Sulawesi Tengah (22.699 hektar) dan Sulawesi Tenggara (24.752 hektar).

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir juga telah menargetkan kesepakatan divestasi saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO) ke MIND ID akan terlaksana pekan depan. Hal ini setelah adanya kesepakatan soal nilai transaksi penjualan saham disetujui pemerintah dan INCO.

Adapun MIND ID dan para pemegang saham Vale Indonesia telah menyepakati harga divestasi saham sebesar 14 persen. Bocorannya, harga saham yang dilepas berada di kisaran Rp3.000 per lembar.

Erick menjelaskan, hasil negosiasi akan dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) terlebih dahulu dan bila disetujui Kepala Negara, maka penandatanganan divestasi segera dilakukan.

“Saya akan melaporkan daripada kesepakatan Vale yang, di mana Kementerian BUMN, Kementerian Investasi dan Kementerian ESDM bersama-sama secara berkesinambungan melakukan negosiasi ini,” ujar Erick saat ditemui di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (18/2/2024).

"Jadi nanti, kalau harga sudah benar-benar kita laporkan ke bapak Presiden dan pak Presiden sudah meng-ok-kan, baru nanti sudah penandatanganan kerja sama, ya antara BUMN dan Vale,” papar Erick lebih lanjut. 

Pemerintah, lanjut dia, berharap pelepasan 14 persen saham Vale segera dirampungkan. Adapun, pemegang saham terbesar Vale Indonesia adalah Vale Canada Limited (VCL) dengan kepemilikan 43,79 persen.

Sedangkan, Holding BUMN tambang MIND ID menggenggam 20 persen saham dan Sumitomo Metal Mining Co. Ltd (SMM) 15,03 persen. Lalu, kepemilikan publik di Vale sebesar 21,18 persen.

Jika Vale, 14 persen sahamnya Vale resmi diambil MIND, maka kepemilikan negara di perusahaan nikel ini menyentuh 54 persen.

"Kita berharap minggu depan, secepatnya lah. Nah, makanya sejak awal negosiasi Vale, opsinya dua. Dan kalau ini terjadi kita bangun ekosistem sama sama, mendorong pertumbuhan. Saya yang mau tekankan di sini, gini lho saya tidak mempersulit investasi, saya tidak ada arogansi dengan asing. Tapi sebagai bangsa ya kita juga mesti pinter, jangan bernegosiasi pakai bahasa inggris yang seharusnya no, no, no karena kita terbatas, malu, gengsi, yes, yes, yes, akhirnya kita menjual negara kita,” tukas Erick.

(DES)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.