Note

Rencana Investasi Foxconn di RI Belum Jelas, Ini Penjelasan Bahlil

· Views 17
Rencana Investasi Foxconn di RI Belum Jelas, Ini Penjelasan Bahlil
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia/Foto: Dok. Kementerian Investasi/BKPM
Depok

Rencana Foxconn mengembangkan ekosistem baterai kendaraan listrik di Indonesia kembali tertunda. Groundbreaking raksasa teknologi asal Taiwan itu tercatat sudah mundur beberapa kali.

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan, sedianya ia akan berangkat ke Taiwan untuk membahas investasi Foxconn. Namun, rencananya tertunda karena bertepatan dengan pemilihan umum (Pemilu) di Indonesia.

"Itu kemarin saya harusnya berangkat ke Taiwan. Karena pemilu, jadinya belum. Karena kan terjadi dinamika global yang kita tahu tidak menentu, tapi insyaallah setelah pemilu saya akan ke sana," katanya di Makara Art Center, Kampus UI Depok, Sabtu (24/2/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun Bahlil memastikan komitmen investasi Foxconn tetap berjalan. Saat dikonfirmasi kapan ia akan terbang ke Taiwan, Bahlil hanya menjawab singkat.

"Lebih cepat Insyaallah ya. Doain ya," singkatnya.

November tahun 2023, Bahlil menyebut dirinya akan mengusahakan groundbreaking proyek Foxconn terlaksana di 2023. Saat itu ia menyebut akan terbang ke markas Foxconn pada bulan Desember.

"Nah ini karena persoalan geopolitik yang belum selesai, saya mungkin akan berangkat ke China, karena ketegangan geopolitik di Laut China Selatan ini kan adem-adem tapi di bawah ini agak sedikit berkecamuk sedikit juga. Saya mungkin rencananya Desember," ujarnya saat ditemui di Jakarta, Rabu (8/11/2023).

Sebelumnya, groundbreaking Foxconn sudah direncanakan pada Agustus 2022, tapi diundur hingga kuartal I-2023. Namun hingga kini realisasi investasi tersebut belum juga tampak.

(ily/ara)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.