Note

EUR/USD: Dolar menciptakan penyangga yang berpotensi menyebabkan kejatuhannya

· Views 41

Dolar AS telah menguat sebesar 2,6% sejak awal tahun terhadap mata uang utama dunia, menandai kinerja terbaiknya sejak tahun 2015. Jika pada akhir tahun 2023, dolar hampir terdepresiasi karena sikap dovish Federal Reserve dan ekspektasi akan kenaikan suku bunga. Pemangkasan suku bunga 150 basis poin menjadi 4%, kini sentimen pasar telah bergeser. Perekonomian yang kuat, belanja konsumen yang terus berlanjut, dan indeks saham yang mendekati rekor tertinggi telah membawa perubahan dalam perspektif. Timbul pertanyaan: mengapa tidak terus menjual EUR/USD?

Di pasar valas, terdapat keyakinan umum bahwa kenaikan indeks USD didasarkan pada eksepsionalisme Amerika. Ekspansi PDB AS yang pesat sebesar 4,9% pada kuartal ketiga dan 3,3% pada kuartal keempat sangat kontras dengan situasi di negara-negara besar lainnya. Investor meninggalkan Tiongkok karena krisis pasar real estat dan kerugian kapitalisasi pasar sebesar $7 triliun dari puncaknya pada awal tahun 2021.

Tiongkok menghadapi deflasi paling serius sejak tahun 1990an, yang mengindikasikan perlambatan signifikan dalam konsumsi dan PDB. Jerman, Jepang, dan Inggris telah mengalami resesi teknis, dan Zona Euro terus-menerus berada di ambang penurunan dan stagflasi. Apakah dolar AS tidak punya pesaing?

Perkiraan IMF untuk negara-negara maju

EUR/USD: Dolar menciptakan penyangga yang berpotensi menyebabkan kejatuhannya

Pada kenyataannya, kekuatan perekonomian Amerika berfungsi sebagai penyangga bagi negara-negara lain. IMF dengan tepat menaikkan perkiraan pertumbuhan PDB global pada tahun 2024 dari 2,9% menjadi 3,1%. Namun hal ini tidak bisa terus berlanjut tanpa batas waktu. Di era globalisasi, Amerika Serikat akan membantu semua orang, dan dolar AS akan kehilangan kartu asnya dalam sikap eksepsionalisme Amerika, atau, sebaliknya, perlambatan ekonomi negara-negara terkemuka di dunia akan mengurangi perbedaan pertumbuhan PDB dengan Zona Euro. menyebabkan peningkatan kuotasi EUR/USD.

Perekonomian global bersifat siklis, dan euro merupakan mata uang pro-siklus—sensitif terhadap percepatan atau perlambatan pertumbuhan PDB global. Oleh karena itu, dukungan Tiongkok yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap pasar sahamnya, termasuk stimulus moneter yang besar dari Bank Rakyat Tiongkok, telah memicu optimisme di kalangan investor. Akibatnya, pasangan mata uang utama melonjak ke 1.084, dengan cepat mencapai target pertama untuk long position.

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
EUR/USD: Dolar menciptakan penyangga yang berpotensi menyebabkan kejatuhannya

Selanjutnya, kenaikan EUR/USD mundur, khawatir bahwa retorika hawkish dalam risalah pertemuan FOMC bulan Januari akan menghidupkan kembali minat terhadap dolar AS. Saya tidak percaya ini akan terjadi. Mari kita ingat kembali apa yang terjadi pada akhir bulan pertama tahun 2024. Federal Reserve secara aktif berusaha meyakinkan pasar bahwa ekspansi moneter tidak akan dimulai hingga bulan Maret. Kini, investor tidak hanya yakin akan hal tersebut, tetapi juga yakin bahwa hal tersebut tidak akan terjadi sebelum bulan Juni. The Fed tidak perlu menakut-nakuti pasar. Euro kemungkinan akan bertahan dalam ujian ini.

Secara teknis, pada grafik harian, berkat penerapan pola pembalikan 1-2-3, long position pada EUR/USD telah dibuka. Ketidakmampuan beruang untuk kembali ke bawah moving average merah menunjukkan kelemahan mereka. Oleh karena itu, terobosan harga tertinggi lokal di level 1.082 dan 1.084 akan menjadi dasar untuk membangun long position euro terhadap dolar AS.



Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.