Note

Citra Nusantara (CGAS) Yakin Bisa Bagi Dividen, Segini Porsi yang Disiapkan

· Views 13
Citra Nusantara (CGAS) Yakin Bisa Bagi Dividen, Segini Porsi yang Disiapkan
Citra Nusantara (CGAS) Yakin Bisa Bagi Dividen, Segini Porsi yang Disiapkan (foto: MNC Media)

IDXChannel - PT Citra Nusantara Gemilang Tbk (CGAS) masih terus menunggu hasil definitif atas realisasi bisnisnya di sepanjang 2023 lalu.

Meski demikian, perusahaan pengembang gas alam tersebut optimistis bahwa di sepanjang tahun lalu perusahaan mampu mencatatkan pertumbuhan profit hingga Rp12,2 miliar.

Baca Juga:
Citra Nusantara (CGAS) Yakin Bisa Bagi Dividen, Segini Porsi yang Disiapkan Citra Nusantara (CGAS) Bidik Pertumbuhan Laba hingga 200 Persen di 2024

Proyeksi tersebut ditopang oleh perolehan pendapatan yang diperkirakan bakal mencapai sebesar Rp373 miliar, dengan perkiraan volume penjualan sebanyak 45 juta standard cubic meter (Sm3)

Atas proyeksi tersebut, manajemen perusahaan mengaku tengah bersiap untuk membagikan dividen kepada pemegang saham sebesar 30 persen dari laba bersih yang diraih.

Baca Juga:
Citra Nusantara (CGAS) Yakin Bisa Bagi Dividen, Segini Porsi yang Disiapkan Deretan 10 Saham Pecundang Pekan Ini, Ada MPXL hingga CGAS

Upaya pembagian dividen ini tentu patut diapresiasi, mengingat CGAS di sepanjang semester I-2023 lalu tercatat masih mengalami penurunan pendapatan menjadi Rp183 miliar, dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp215 miliar.

Sedangkan pada saat yang sama laba bersih perusahaan tercatat sebesar Rp4,63 miliar, juga turun dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp6,60 miliar.

Baca Juga:
Citra Nusantara (CGAS) Yakin Bisa Bagi Dividen, Segini Porsi yang Disiapkan Citra Nusantara (CGAS) Beberkan Alasan IPO di Awal Januari 2024

Meski demikian, dengan tren yang kurang menggembirakan tersebut, CGAS tetap percaya diri bahwa bisnis perusahaan pada 2024 masih sangat menjanjikan.

Karenanya, manajemen tak ragu untuk mematok target pertumbuhan bisnis yang cukup progresif untuk direalisasikan hingga akhir tahun nanti.

Dalam hal perolehan laba, misalnya, CGAS mengaku telah mematok target laba sebesar Rp36,7 miliar, atau tumbuh hingga 200,8 persen di sepanjang tahun ini.

Target laba tersebut bakal coba didapat dari proyeksi pendapatan perusahaan, yang pada tahun ini digadang mencapai Rp658 miliar, atau tumbuh sekitar 76,4 persen dibanding realisasi pendapatan pada 2023 lalu.

"Peningkatan kinerja CGAS pada tahun ini juga melibatkan beberapa proyek CNG Station yang ada di Grobogan-Jawa Tengah, Manyar-Jawa Timur dan Majalengka-Jawa Barat," ujar Direktur Utama CGAS, Andika Purwonugroho, Jumat (23/2/2024).

Sementara, pada saat yang sama, volume penjualan untuk sepanjang tahun ini diperkirakan bakal mampu mencapai 82.000.711 standar meter kubik (Sm3), atau setara dengan peningkatan 81,3 persen dibandingkan dengan volume penjualan di 2023 yang diproyeksikan mencapai 45.235.193 Sm3.

Nantinya, pendapatan perusahaan di sepanjang tahun dikatakan Andika bakal ditopang oleh tiga CNG station dan satu LNG station, yaitu CNG Station di Grobogan, CNG Station Majalengka, CNG Station Gresik dan LNG Karawang.

"Di 2024, kami akan memperoleh tambahan kapasitas di CNG station yang awalnya 40 juta Sm3 per tahun menjadi 82 juta Sm3. Peningkatan cukup signifikan," tegas Andika. (TSA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.