Note

Jasa Marga (JSMR) Update Perkembangan Dua Proyek Tol di Yogyakarta

· Views 19
Jasa Marga (JSMR) Update Perkembangan Dua Proyek Tol di Yogyakarta
Jasa Marga (JSMR) Update Perkembangan Dua Proyek Tol di Yogyakarta (foto: MNC media)

IDXChannel - PT Jasa Marga Tbk (JSMR) memaparkan perkembangan dua proyek jalan tol yang ada di Yogyakarta. Dua proyek tersebut yaitu Jalan Tol Yogyakarta-Bawen dan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulon Progo.

Kedua proyek tersebut dikelola oleh JSMR melalui dua anak usahanya, yaitu PT Jasamarga Jogja Bawen (PT JJB) dan PT Jasamarga Jogja Solo (PT JMJ). Pemaparan disampaikan dalam agenda Kunjungan Kerja Reses Komisi VI DPR RI, di Yogyakarta, Selasa (20/2).

Baca Juga:
Jasa Marga (JSMR) Update Perkembangan Dua Proyek Tol di Yogyakarta Tol Yogyakarta-Solo Ruas Kartosuro-Klaten Dipastikan Beroperasi di Lebaran 2024

Agenda kunjungan kerja reses ini dihadiri oleh Asisten Deputi Bidang Jasa Infrastruktur Kementerian BUMN Anindita Eka Wibisono, Asisten Deputi Bidang Jasa Keuangan Kementerian BUMN Bin Nahadi, Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur, dan Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga M Agus Setiawan.

Sedangkan dari pihak pengelola proyek, turut hadir jajaran Direksi Anak Perusahaan Jasa Marga Group, serta instansi terkait, mulai dari PT Adhi Karya Tbk (ADHI), PT Waskita Karya Tbk (WSKT), PT Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP), PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom/TLKM).

Baca Juga:
Jasa Marga (JSMR) Update Perkembangan Dua Proyek Tol di Yogyakarta Basuki Targetkan Tol Yogyakarta-Bawen Ruas Banyurejo-Sleman Rampung di Kuartal I 2025

Rapat Kunjungan Kerja Reses Komisi VI DPR RI Masa Persidangan III Tahun Sidang 2023-2024 dipimpin oleh Pimpinan Komisi VI DPR RI Aria Bima, Ketua Komisi VI DPR RI Faisol Riza dan Pimpinan Komisi VI DPR RI Mohamad Hekal, serta dihadiri oleh para anggota Komisi VI DPR RI.

Dalam pemaparannya, Direktur Utama JSMR, Subakti Syukur, mengungkapkan bahwa Jalan Tol Yogyakarta-Bawen terbagi atas enam seksi, yaitu Seksi 1 Yogyakarta-Simpang Susun (SS) Banyurejo, Seksi 2 SS Banyurejo-SS Borobudur, Seksi 3 SS Borobudur-Magelang, Seksi 4 SS Magelang-SS Temanggung, Seksi 5 SS Temanggung-SS Ambarawa dan Seksi 6 SS Ambarawa-JC Bawen.

Baca Juga:
Jasa Marga (JSMR) Update Perkembangan Dua Proyek Tol di Yogyakarta Target Rampung Akhir 2024, Ini Progres Konstruksi Seksi 1 Tol Yogyakarta-Bawen

Keenam seksi tersebut secara bertahap telah memasuki tahap pembebasan lahan dan konstruksi.

"Selain itu, Jalan Tol Yogyakarta-Bawen serta Jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulon Progo merupakan bagian dari Jaringan Jalan Joglosemar (Jogja-Solo-Semarang)," ujar Subakti, dalam paparannya.

Dengan demikian, menurut Subakti, diharapkan dengan tersambungnya jaringan jalan ini dapat menghubungkan berbagai destinasi pariwisata di sekitar wilayah Jogja-Solo-Semarang hingga memperlancar arus distribusi barang dan jasa di Pulau Jawa.

Subakti berharap dengan adanya Jalan Tol di wilayah Joglosemar yang menjadi salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) dapat meningkatkan konektivitas di Trans Jawa sehingga dapat membantu melancarkan distribusi barang, jasa serta pertumbuhan ekonomi.

Pihak JSMR sendiri, dikatakan Subakti, selalu berkomitmen memastikan pelaksanaan proyek Jalan Tol Yogyakarta-Bawen serta Jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulon Progo dapat berjalan dengan baik, sesuai target dan memastikan kualitas sampai kelayakan bisnisnya dengan mengedepankan aspek Good Corporate Governance (GCG).

Pada kesempatan yang sama, Pimpinan Komisi VI DPR RI Aria Bima mengatakan, PSN yang sudah dibangun oleh Pemerintah bersama dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) telah menunjukkan progres yang signifikan, bahkan pembangunan jalan tol tak hanya menjadi sebuah langkah strategis memperlancar arus transportasi dan distribusi.

"Pembangunan infrastruktur transportasi seperti jalan tol ini memiliki efek domino terhadap perekonomian regional, baik untuk  memperlancar distribusi barang maupun jasa. Dengan adanya proyek ini pun diharapkan dapat menstimulasi aktivitas ekonomi, mendorong investasi, dan membuka peluang kerja," ujar Aria.

Para anggota Komisi VI DPR RI yang hadir pada reses pun berharap jalan tol yang masuk wilayah Joglosemar ini dapat menjadi katalisator pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya di kawasan Yogyakarta dan sekitarnya.

Sedangkan, Asisten Deputi Bidang Jasa Infrastruktur Kementerian BUMN Anindita Eka Wibisono, dalam kesempatan yang sama mengingatkan kepada BUMN di sektor infrastruktur untuk memitigasi risiko terhadap pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen serta Jalan Tol Yogyakarta-Solo, serta menyampaikan laporan perkembangan kepada Kementerian PUPR untuk memberikan evaluasi serta pengawasan terhadap jalannya pembangunan jalan tol tersebut.

"Kami harap ke depannya, kondisi kesehatan keuangan dari BUMN ini juga terus dijaga. Untuk itu sangat penting bagi klaster infrastruktur yang bertugas terhadap pembangunan jalan tol ini untuk memberikan update perkembangan secara berkala, sehingga bisa terus melakukan monitoring, evaluasi dan pengawasannya," ujar Anindita.

Di akhir pertemuan tersebut, para anggota Komisi VI DPR RI berharap, perusahaan BUMN di klaster infrastruktur termasuk Jasa Marga yang menjalankan proyek Jalan Tol Yogyakarta-Bawen serta Jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulon Progo dapat menyelesaikan permasalahan yang ada.

"Sehingga waktu pengerjaannya ditargetkan sesuai rencana dibarengi dengan standar mutu dan pelayanan yang maksimal dalam upaya meningkatkan konektivitas jaringan jalan tol dan mendukung perekonomian masyarakat sekitar di sekitar Jaringan Jalan Joglosemar (Jogja-Solo-Semarang)," tutur Anindita. (TSA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.