Note

Menkeu Sebut Kementerian Pertahanan Dapat Rp500 Miliar Buat Rawat Alutsista

· Views 28

Pasardana.id - Kementerian Pertahanan (Kemhan) yang dipimpin oleh Prabowo Subianto mendapatkan anggaran senilai Rp 500 miliar di Januari 2024.

Anggaran tersebut diberikan untuk merawat Barang Milik Negara (BMN) dan alutsista Kemhan dalam rangka mendukung alat sistem pertahanan pada matra darat, laut, dan udara. 

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN KiTa, Kamis (22/2), mengungkapkan, realisasi belanja Kemhan tersebut masuk dalam kategori produktif.

Adapun belanja produktif terdiri dari belanja barang dan belanja modal.  

"Kemhan (sudah membelanjakan) Rp 500 miliar untuk peningkatan BMN matra darat/laut/udara/integratif dan alutsista serta pelayanan kesehatan," ujar Menkeu Sri Mulyani.

Bendahara Negara ini mencatat, realisasi belanja barang hingga Januari 2024 mencapai Rp 12,9 triliun.

Angka ini lebih tinggi ketimbang realisasi Januari 2023 yang hanya Rp 10,1 triliun.

Tak hanya belanja Kemhan, realisasi belanja barang 2024 juga ditopang oleh pembayaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan kegiatan persiapan pelaksanaan dan pengawasan pemilu.

Secara rinci, pemanfaatan belanja barang disalurkan untuk Kementerian Agama Rp 4,6 triliun guna pembayaran BOS, dan peningkatan mutu dan relevansi Pendidikan.

Kemudian, KPU Rp 1,7 triliun untuk pembentukan Badan Adhoc, pengawasan masa kampanye dan penetapan peserta pemilu.

"Polri Rp 1,3 triliun untuk operasi keamanan, pengadaan/dukungan logistic dan kepolisian perairan. Bawaslu Rp 1 triliun untuk pengawasan pelaksanaan Pemilu pusat, Provinsi, Kabupaten dan Kota," beber Menkeu.

Sementara realisasi belanja modal tercatat mencapai Rp 4,1 triliun. Angka ini lebih besar dari Januari 2023 yang hanya mencapai Rp 2,6 triliun.

Realisasi belanja modal itu didukung oleh meningkatnya belanja sarpras bidang hankam Polri dan sarpras kesehatan Kemenkes.

"Pemanfaatan belanja modal antara lain untuk jalan, irigasi dan jaringan Rp 900 miliar, peralatan dan mesin mencapai Rp 2,6 triliun, dan gedung serta bangunan Rp 500 miliar," ujarnya.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.