Note

Wall Street Ditutup Menguat, S&P 500 dan Dow Jones Naik di atas 2 Persen

· Views 39
Wall Street Ditutup Menguat, S&P 500 dan Dow Jones Naik di atas 2 Persen
Wall Street Ditutup Menguat, S&P 500 dan Dow Jones Naik di atas 2 Persen (FOTO:MNC Media)

IDXChannel - Wall Street ditutup menguat dengan indeks S&P 500 dan Dow Jones Industrial Average keduanya melonjak ke rekor penutupan tertinggi pada perdagangan Kamis (22/2/2024) waktu setempat.

Hal ini didukung oleh investor yang menumpuk saham-saham pertumbuhan dan teknologi sehari setelah kecerdasan buatan menggambarkan pendapatan dan prospek Nvidia yang luar biasa.

Baca Juga:
Wall Street Ditutup Menguat, S&P 500 dan Dow Jones Naik di atas 2 Persen Wall Street Dibuka Merana Lagi, Pasar Tunggu Risalah The Fed

Mengutip Reuters, S&P 500 (.SPX), berakhir pada rekor tertinggi, memperoleh 105,23 poin, atau 2,11%, menjadi 5.087,03, begitu pula Dow Jones Industrials (.DJI), yang ditutup pada 39.069,11 setelahnya naik 456,87 poin atau 1,18%. Ini adalah pertama kalinya Dow Jones berakhir di atas 39.000 poin. 

Sedangkan Nasdaq Composite (.IXIC) menambahkan 460,75 poin, atau 2,96%, menjadi 16.041,62.

Baca Juga:
Wall Street Ditutup Menguat, S&P 500 dan Dow Jones Naik di atas 2 Persen Wall Street Ditutup Bervariasi, S&P 500 Naik dan Nasdaq Turun

Untuk S&P 500 (.SPX), benchmark ini juga merupakan kenaikan harian terbesar dalam 13 bulan. Nasdaq Composite mencatatkan kenaikan sesi tunggal terbesarnya dalam satu tahun dan baru saja gagal memecahkan rekor penyelesaian.

Investor dengan penuh semangat membeli saham karena saham Nvidia melonjak 16,4% setelah perancang chip tersebut memperkirakan lonjakan pendapatan kuartal pertama sekitar tiga kali lipat karena permintaan yang kuat untuk chip AI-nya dan mengalahkan ekspektasi pendapatan kuartal keempat.

Baca Juga:
Wall Street Ditutup Menguat, S&P 500 dan Dow Jones Naik di atas 2 Persen Wall Street Dibuka Bergairah Lagi, Saham Nvidia Melonjak 12,5 Persen

Pendapatan perusahaan merupakan ujian besar bagi reli yang didorong oleh AI di Wall Street yang pertama kali mendorong S&P 500 (.SPX) di atas angka 5.000 poin pada awal bulan ini. Beberapa analis telah memperingatkan bahwa hasil yang mengecewakan dapat memicu aksi jual tajam di antara saham-saham teknologi.

“Seiring dengan kemajuan Nvidia, dunia juga akan maju,” canda Jack Janasiewicz, ahli strategi portofolio di Natixis Investment Managers Solutions.

Baca Juga:
Wall Street Ditutup Menguat, S&P 500 dan Dow Jones Naik di atas 2 Persen Kalahkan Tesla, Nvidia Jadi Saham yang Paling Banyak Diperdagangkan di Wall Street

Dia mencatat bagaimana kinerja pendapatan Nvidia mengalahkan ekspektasi pasar yang tinggi, menunjukkan keraguan bahwa masih banyak kekuatan yang tersisa dalam perdagangan AI setelah reli baru-baru ini.

"Kapan Anda menjualnya - mungkin tidak. Mungkin masih ada ruang, dan saya dengan senang hati duduk dan mengendarainya," tambah Janasiewicz.

Baca Juga:
Wall Street Ditutup Menguat, S&P 500 dan Dow Jones Naik di atas 2 Persen Wall Street Ditutup Melemah, Nasdaq Susut Hampir 1 Persen

Nvidia menambahkan USD277 miliar ke kapitalisasi pasarnya, mengalahkan lonjakan Meta Platform sebesar USD196 miliar awal bulan ini sebagai keuntungan satu hari terbesar yang pernah dialami perusahaan manapun dalam sejarah Wall Street.

Saham Nvidia yang mengalami kekurangan tersebut mengalami kerugian kertas lebih dari USD2,9 miliar, menurut data dari Ihor Dusaniwsky, direktur pelaksana analisis prediktif di S3 Partners.

Indeks acuan tersebut akan berakhir tahun ini di atas angka 5.000, menurut para ahli strategi dalam jajak pendapat Reuters.

Semua kecuali satu dari 11 sektor utama S&P 500 menguat, dengan saham-saham teknologi (.SPLRCT) memimpin kenaikan dengan kenaikan 4,4%. Pencilannya adalah utilitas (.SPLRCU) yang tergelincir 0,8%.

Indeks pertumbuhan S&P 500 (.IGX) dengan kenaikan 3,3%, persentase kenaikan harian terbesar sejak November 2022.

Saham-saham perusahaan lain, yang dipandang sebagai penerima manfaat dari peningkatan AI, juga mendapat dukungan. Saingan Nvidia Advanced Micro Devices (AMD.O) pemasok komponen server Super Micro Computer (SMCI.O) dan Arm Holdings melonjak antara 4,2% dan 32,9%.

Synopsys (SNPS.O) melonjak 6,9%, ke rekor akhir, setelah pembuat perangkat lunak untuk perancang chip melaporkan pendapatan dan prospek yang mengalahkan perkiraan.

Yang juga mencatatkan rekor penutupan adalah indeks Philadelphia Semiconductor (.SOX) dengan kenaikan 5%, kenaikan satu hari terbesar sejak Oktober.

Saham Teknologi Besar dan pertumbuhan seperti Alphabet (GOOGL.O), Microsoft (MSFT.O) dan Meta Platforms (META.O) naik antara 1,1% dan 3,9%.

Di tempat lain, pembuat vaksin Moderna (MRNA.O) melonjak 13,5% setelah mengejutkan investor dengan laba kuartal keempat. Teknikal saham juga menunjukkan prospek bullish.

Namun, Rivian (RIVN.O) dan Lucid (LCID.O) masing-masing anjlok 25.6% dan 16.8%, setelah perusahaan rintisan kendaraan listrik memperkirakan produksi tahun 2024 jauh di bawah perkiraan analis karena perlambatan permintaan.

Volume di bursa AS adalah 11,93 miliar saham, dibandingkan dengan rata-rata 11,64 miliar saham selama 20 hari perdagangan terakhir.

(SAN)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.