Note

Nikkei Jepang Sentuh Level Tertinggi Sepanjang Masa

· Views 18
Nikkei Jepang Sentuh Level Tertinggi Sepanjang Masa
Nikkei Jepang Sentuh Level Tertinggi Sepanjang Masa. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Indeks Nikkei Jepang menyentuh titik tertinggi sepanjang masa pada Kamis (22/2/2024), melampaui level yang terakhir terlihat saat masa booming ekonomi pada 1989.

Nikkei 225 naik ke level 39.017,64 tak lama setelah istirahat tengah hari. Saham-saham terkait chip melonjak setelah prospek produsen semikonduktor Amerika Serikat (AS) Nvidia mengalahkan ekspektasi pasar. 

Baca Juga:
Nikkei Jepang Sentuh Level Tertinggi Sepanjang Masa Ikuti Jejak Jepang dan Inggris, Jerman Terancam Resesi

Dilansir dari Reuters, rekor sebelumnya adalah 38.957,44 yang tercatat pada Desember 1989. Pada hari itu, Nikkei ditutup pada level 38.915,87.

Reli Nikkei berbanding terbalik dengan kondisi ekonomi Jepang yang saat ini menghadapi resesi. Nikkei juga berhasil mengatasi dampak perang di Eropa dan Timur Tengah, guncangan inflasi global, dan kenaikan suku bunga di seluruh dunia.

Baca Juga:
Nikkei Jepang Sentuh Level Tertinggi Sepanjang Masa Jepang Jatuh ke Jurang Resesi

Investor global sempat menjauhi pasar saham Jepang karena kinerja yang buruk selama beberapa dekade ke belakang. Namun kini, mereka berbondong-bondong masuk kembali.

Langkah tersebut diinisiasi investor ternama Warren Buffet yang berinvestasi besar-besaran di Jepang sejak 2020. Dia bahkan menyebut Jepang lebih menarik dibandingkan sejumlah negara Asia lainnya.

Baca Juga:
Nikkei Jepang Sentuh Level Tertinggi Sepanjang Masa Seberapa Besar Dampak Resesi Jepang ke Perekonomian RI?

Jajak pendapat Reuters yang diterbitkan hari ini menunjukkan para analis memperkirakan Nikkei berada di kisaran 39.000 pada akhir 2024. (WHY)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.