Note

Buyback Saham, CIMB Niaga (BNGA) Lo Kheng Hong Terbang 5 Persen

· Views 28
Buyback Saham, CIMB Niaga (BNGA) Lo Kheng Hong Terbang 5 Persen
Buyback Saham, CIMB Niaga (BNGA) Lo Kheng Hong Terbang 5 Persen. (Foto: Freepik)

IDXChannel – Saham emiten bank PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) melonjak di awal sesi I, Rabu (21/2/2024) di tengah rencana aksi pembelian kembali (buyback) saham.

Menurut data Bursa Efek Indonesia (BEI), pukul 10.01 WIB, saham BNGA melejit 5,56 persen ke Rp2.090 per saham. Nilai transaksi tercatat mencapai Rp32,61 miliar dan volume perdagangan 25,86 juta saham.

Baca Juga:
Buyback Saham, CIMB Niaga (BNGA) Lo Kheng Hong Terbang 5 Persen Harga Divestasi Saham Disepakati Rp3.000, Vale (INCO) Beri Klarifikasi Begini

Ini membuat kinerja saham BNGA melompat 7,46 persen dalam sepekan dan terbang 19,77 persen dalam sebulan.

Sebelumnya, menurut keterbukaan informasi, Senin (19/2/2024), manajemen CIMB Niaga mengumumkan buyback dengan perkiraan biaya yang diperlukan maksimal Rp500 juta, sudah termasuk komisi perantara pedagang efek dan biaya-biaya lainnya yang terkait dengan itu.

Baca Juga:
Buyback Saham, CIMB Niaga (BNGA) Lo Kheng Hong Terbang 5 Persen Optimisme Kredit Perbankan dan Laju Saham Bank Big Caps

Rencana buyback tersebut akan disetujui lewat Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 3 April 2024.

Biaya tersebut akan digunakan untuk membeli kembali saham Perseroan dengan jumlah maksimum 202.000 (dua ratus dua ribu) saham yang telah dikeluarkan dan disetor penuh.

Baca Juga:
Buyback Saham, CIMB Niaga (BNGA) Lo Kheng Hong Terbang 5 Persen IHSG Diproyeksi Naik Lagi, Saham UNVR hingga ADHI Berpotensi Cuan

“Pembelian kembali saham akan dilakukan dalam waktu paling lama 12 bulan sejak disetujuinya Pembelian kembali saham Perseroan oleh RUPST,” kata manajemen CIMB Niaga.

Perseroan memastikan sumber dana yang akan digunakan untuk pelaksanaan pembelian kembali saham sepenuhnya menggunakan dana internal Perseroan, bukan merupakan dana hasil penawaran umum dan bukan merupakan dana yang berasal dari pinjaman dan/atau utang dalam bentuk apapun.

Aksi buyback ini juga disebut tidak mempengaruhi kemampuan keuangan CIMB Niaga secara signifikan untuk memenuhi kewajiban yang akan jatuh tempo.

Nantinya, sumber saham hasil pembelian kembali yang akan dialihkan untuk pemberian remunerasi yang bersifat variabel, berasal dari Pembelian Kembali Saham.

Batas waktu pengalihan saham paling lama 3 tahun setelah selesainya pembelian kembali saham.

Sebelumnya,CIMB melakukan private placement atau PMTHMETD dengan menerbitkan 10.599.000 saham dengan harga pelaksanaan Rp1.575 per saham. Pelaksanaan PMTHMETD CIMB Niaga telah rampung diselesaikan pada 31 Januari 2024.

Pihak yang mengambil bagian dari aksi korporais tersebut adalah Dendy Soerjono dan investor kawakan Lo Kheng Hong.

Aksi private placement ini sebelumnya telah mendapat persetujuan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 11 Januari 2024.

“Seluruh dana yang diperoleh dari PMTHMETD akan digunakan untuk pembiayaan ekspansi kegiatan usaha dalam bentuk penyaluran kredit di seluruh segmen bisnis Perseroan, diantaranya termasuk segmen Konsumer, Korporat, Komersial, dan UKM baik perbankan konvensional maupun perbankan syariah, namun tidak termasuk Perusahaan Anak,” jelas pihak CIMB Niaga.

Nantinya, persentase kepemilikan saham masing-masing pemegang saham BNGA akan mengalami penurunan (dilusi) kepemilikan saham secara proporsional sesuai dengan jumlah saham baru yang diterbitkan, yaitu sebanyak-banyaknya 0,04 persen setelah PMTHMETD.

Mengutip website CIMB Niaga, Lo Kheng Hong masuk daftar 20 pemegang saham BNGA terbesar, yakni di urutan ke-13 dengan menggenggam 25.363.000 saham atau setara dengan 0,10 persen per 31 Januari 2024. (ADF)

Disclaimer: Keputusan pembelian/penjualan saham sepenuhnya ada di tangan investor.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.