Note

Cara Take Profit saat Saham ATH, Manfaatkan Peluang Cuan

· Views 21
Cara Take Profit saat Saham ATH, Manfaatkan Peluang Cuan
Cara Take Profit saat Saham ATH, Manfaatkan Peluang Cuan. (Foto: MNC Media)

IDXChannel – Cara take profit saat saham ATH atau all time high tentunya perlu diketahui oleh investor. 

Pasalnya, harga saham tidak selamanya turun. Ada masanya harga saham mengalami kenaikan hingga mencapai rekor tertingginya atau biasa disebut dengan istilah all time high (ATH).

Baca Juga:
Cara Take Profit saat Saham ATH, Manfaatkan Peluang Cuan Tak Cuma BNGA, Saham GJTL Lo Kheng Hong Juga Pesta

Umumnya, saham-saham yang berhasil menyentuh tingkat ATH didorong oleh sentimen positif yang menguntungkan perusahaan. Hal ini juga dapat menjadi peluang bagi investor untuk mengambil keuntungan investasi atau take profit. 

Lantas, bagaimana cara take profit saat saham ATH? Apa saja yang perlu dilakukan? IDXChannel merangkum beberapa tipsnya berikut ini. 

Baca Juga:
Cara Take Profit saat Saham ATH, Manfaatkan Peluang Cuan Buyback Saham, CIMB Niaga (BNGA) Lo Kheng Hong Terbang 5 Persen

Cara Take Profit saat Saham ATH

Untuk mengetahui apakah saham yang Anda miliki telah mencapai titik ATH, Anda perlu menentukan terlebih dulu titik resistance-nya. Resistance adalah level psikologis di mana titik ini memiliki tingkat supply yang cukup kuat untuk menahan agar saham tidak naik lebih tinggi. Jika harga saham menyentuh resistance, maka indikasinya akan cenderung bergerak turun. Maka dari itu, momen ini bisa dimanfaatkan untuk take profit.

Adapun untuk mengetahui area resistance saat saham ATH bisa dilakukan dengan menggunakan metode chart pattern dan round numbers. Untuk chart pattern, resistance ditentukan dengan cara melihat target dari pattern yang terbentuk. 

Target yang dimaksud adalah area atau harga yang mungkin dicapai pada pergerakan berikutnya. Dengan demikian, Anda bisa menggunakannya sebagai area resistance saat saham mencapai ATH. Biasanya pattern yang muncul masuk ke dalam kategori bullish continuation. 

Sementara itu, metode round numbers atau angka bulat adalah angka yang berakhir dengan satu nol atau lebih. Metode ini menjadi opsi terakhir jika resistance tidak bisa ditentukan dengan target chart pattern. 

Ketika saham mencapai titik ATH, Anda bisa melakukan take profit dengan strategi sell on strength atau menjual saat candle reversal muncul di area resistance. Hal ini dilakukan dengan pertimbangan agar Anda bisa merealisasikan keuntungan sebelum nantinya chart berbalik arah karena kenaikan mulai tertahan resistance.

Tips Take Profit saat Saham ATH

Selain melakukan langkah teknikal seperti di atas, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebelum mengambil keuntungan investasi saat saham sedang di titik harga tertingginya. 

1. Lakukan Analisis Fundamental dan Teknikal

Sebelum menentukan take profit, Anda tentu perlu melakukan analisis fundamental dan teknikal untuk memahami nilai intrinsik saham dan tren pergerakan harganya. Analisis fundamental dapat membantu Anda menilai apakah harga saham saat ini sudah overvalued atau undervalued. Sementara itu, analisis teknikal dapat membantu Anda mengidentifikasi pola pergerakan harga saham dan menentukan titik entry dan exit yang tepat.

2. Gunakan Strategi Trailing Stop Loss

Trailing stop loss merupakan strategi yang bisa membantu Anda secara otomatis menaikkan stop loss order seiring dengan naiknya harga saham. Hal ini dapat membantu Anda untuk mengunci keuntungan dan meminimalkan risiko kerugian jika harga saham tiba-tiba turun.

3. Jangan Terburu-buru 

Saat pasar saham sedang bullish, penting untuk tetap tenang dan rasional dalam membuat keputusan investasi. Jika Anda tidak yakin apakah harga saham saat ini sudah mencapai titik tertingginya, maka jangan terburu-buru untuk take profit. 

Itulah ulasan mengenai cara take profit saat saham ATH atau all time high yang bisa Anda lakukan ketika pasar sedang bullish. 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.