Note

Ini Mobil Terbang Buatan PT DI

· Views 26
Ini Mobil Terbang Buatan PT DI
Salah satu produk yang menarik perhatian Budi Karya adalah pengembangan mobil terbang perkotaan Vela Alpha. PT DI bekerja sama dengan perusahaan swasta Vela Aero - Foto: Dok. Kementerian Perhubungan
Jakarta

Dua produk PT Dirgantara Indonesia (PT DI) diapresiasi pengembangannya oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Apresiasi ini diberikan saat Budi Karya menghadirkan Singapore Airshow 2024 di Changi, Singapura.

Salah satu produk yang menarik perhatian Budi Karya adalah pengembangan mobil terbang perkotaan Vela Alpha. PT DI bekerja sama dengan perusahaan swasta Vela Aero.

Untuk produk ini, Budi Karya mengatakan pihak PT DI sedang mengajukan uji laik terbang kepada Direktorat Kelaikudaraan & Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) Kementerian Perhubungan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Semoga proses pengajuan uji laik terbang untuk Vela Alpha dapat berjalan dengan lancar," kata Budi Karya.

Vela Alpha bentuknya mirip drone besar dengan satu pilot dan empat penumpang. Armada ini disebut Budi Karya sebagai mobil terbang, katanya Vela Alpha cocok jadi taksi udara yang beroperasi di kota besar.

Selain Vela Alpha ada juga pengembangan pesawat N219 milik PT DI. Dia berharap pesawat yang memiliki komponen dalam negeri 45% ini bisa dilanjutkan pengembangannya menjadi versi amfibi.

"Saya mengapresiasi PT DI yang telah melanjutkan pengembangan pesawat N219 versi dasar menjadi versi amphibious pada awal tahun ini. Terlebih lagi, pesawat tersebut konten lokalnya sudah hampir 45 persen," ujar Budi Karya.

Budi Karya menambahkan pesawat N219 pada prinsipnya dapat mendukung pembangunan konektivitas dan aksesibilitas di daerah 3 TP (Tertinggal, Terpencil, Terluar, dan Perbatasan). Pesawat ini mempunyai kemampuan short take off landing di landasan yang panjangnya kurang dari 800 meter dan tidak beraspal.

"Adapun terkait pemanfaatannya, pesawat jenis tersebut dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari mengangkut penumpang, logistik, evakuasi medis, hingga dokter terbang," beber Budi Karya.

Dia berharap agar produksi pesawat tipe ini terus ditingkatkan, sehingga memberikan dampak pertumbuhan terhadap ekosistem industri dalam negeri, termasuk industri daerah, salah satunya dalam hal pengoperasian maupun kegiatan pemeliharaan pesawat.

(hal/kil)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.