Note

Ada Merger 3 Bank Syariah Dalam Waktu Dekat, Aset Bakal Lampaui BSI

· Views 15
Ada Merger 3 Bank Syariah Dalam Waktu Dekat, Aset Bakal Lampaui BSI
Ilustrasi bank syariah - Foto: Shutterstock
Jakarta

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut dalam waktu dekat akan ada bank syariah baru dengan aset jumbo. Hal ini seiring dengan rencana merger sejumlah bank syariah di Tanah Air.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae mengatakan, pihaknya akan mendorong konsolidasi bank umum syariah (BUS) dan unit usaha syariah (UUS) menjadi bank syariah dengan aset besar. Harapannya, bank-bank ini akan melampaui aset PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) yang mencapai lebih dari Rp 353,62 triliun pada 2023.

"Kita mengharapkan dalam waktu tidak terlalu lama, ini harus ada 2-3 bank syariah yang paling tidak close mendekati BSI atau kalo memungkinkan melampaui BSI," kata Dian, dalam Konferensi Pers Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan (PTIJK) 2024 di The St. Regis Jakarta, Selasa (20/2/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Langkah ini seiring dengan upaya penyetaraan perbankan syariah dengan konvensional yang tengah didorong OJK. Pihaknya juga tengah mendorong pembentukan Komite Pengembangan Keuangan Syariah sebagai bagian dari ketentuan aturan UU P2SK.

Di sisi lain, salah satu rencana konsolidasi yang tengah digenjot ialah merger BTN Syariah dengan Bank Muamalat. Dian mengatakan, saat ini prosesnya tinggal menunggu finalisasi. Diskusi pun telah berlangsung antara Kementerian BUMN dan kedua pihak perbankan.

"Secara umum saya memprediksi salah satu akuisisi dan merger yang cukup menarik pada tahun ini," kata Dian, ditemui usai acara.

Selain BTN Syariah dan Bank Muamalat, Dian menyebut ada beberapa rencana konsolidasi dari bank swasta. Pihaknya mengharapkan, merger tersebut akan menjadi merger yang cukup besar dengan minimal aset Rp 200 triliun. Namun saat ditanya apakah bank swasta yang dimaksud salah satunya ialah CIMB Niaga Syariah, Dian hanya tertawa.

"Saya mention dulu, bisa 3-4 bank. Saya kira ini baguslah positif, sambutan bank terhadap POJK kita cukup bagus," ungkapnya, sembari tertawa.

Sebagai tambahan informasi, tahun 2023 lalu beredar rencana pemisahan atau spin off dari CIMB Niaga Syariah. Hal ini seiring dengan bank tersebut sebagai USS dengan aset terbesar di Indonesia.

Hingga kuartal III-2023, aset CIMB Niaga Syariah naik 3,36% secara tahunan (yoy) menjadi Rp 61,46 triliun. Total pembiayaan mencapai Rp 53 triliun, 15,3% yoy termasuk pembiayaan salam. Dana Pihak Ketiga (DPK) naik 23,4% menjadi Rp 42,7 triliun dalam sembilan bulan pertama tahun ini.

Menurut Direktur Strategy, Finance & SPAPM CIMB Niaga Lee Kai Kwong, pihaknya diberi mandat untuk melakukan spin off pada kuartal III-2025. Akan tetapi, ia menargetkan spin off UUS CIMB Niaga akan rampung pada tahun 2026, supaya sejalan dengan laporan tahunan baik CIMB Niaga maupun unit usaha syariahnya.

"Spin off akan dilakukan. Kami diberi mandat pada kuartal ketiga tahun 2025. Tetapi prosesnya akan rampung tahun 2026 untuk menjajarkan laporan tahunan kami untuk bank dan juga unit usaha syariah," ujar Lee dalam Public Expose CIMB Niaga 2023 secara virtual, Jumat (24/11/2023), dikutip dari CNBC.

Ia mengungkapkan bahwa saat ini CIMB Niaga dan OJK sedang membicarakan persiapan spin off dengan OJK. Hal utama yang didiskusikan adalah model bisnis yang akan dipakai. Namun begitu, Lee menyebut pelaksanaan spin off akan menggerus modal UUS CIMB Niaga menjadi kecil. Maka dari itu, kemungkinan nantinya tidak dapat memberikan pembiayaan ke segmen korporasi seperti sebelum spin off.

(shc/kil)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.