Note

EUR/USD: Apakah sentimen bearish terjadi?

· Views 28

Terlalu indah untuk menjadi kenyataan. Mereka yang bertaruh pada penguatan lebih lanjut dolar AS terhadap mata uang utama dunia menunjukkan eksepsionalisme Amerika. Investor semakin yakin bahwa alih-alih mengalami soft landing, perekonomian AS malah mengalami percepatan. Namun bagaimana jika narasi yang terungkap pada awal tahun 2024 tentang perlambatan ekonomi secara bertahap masih terus terjadi? Akankah tren bearish untuk EUR/USD akan terjadi?

Dolar AS tak mau menguat pasca rilis data harga produsen bulan Januari. PPI naik 0,9%, dan indikator inti naik 2%. Keduanya melebihi perkiraan, mengindikasikan perlambatan tekanan deflasi. Namun, pejabat Federal Reserve terus berbicara tentang penurunan suku bunga dana federal di musim panas, seperti yang disebutkan oleh Presiden Federal Reserve Bank Atlanta Raphael Bostic. Dan sekitar tiga tindakan ekspansi moneter pada tahun 2024 menjadi skenario dasar, seperti yang dinyatakan oleh Presiden Federal Reserve Bank San Francisco Mary Daly. Mengapa? Apakah Federal Reserve menganggap statistik inflasi bulan Januari sebagai sebuah gangguan?

Faktanya, Bank Sentral mempunyai banyak alasan untuk meyakini bahwa deflasi akan terus mendapatkan momentum dalam beberapa bulan mendatang. Banyak yang percaya bahwa dengan pengendalian moneter yang agresif, hal ini akan memberikan pukulan mematikan terhadap inflasi. Namun, Tiongkok tidak dapat mengatasi deflasi, dan permasalahan di sektor real estate akan berdampak pada harga komoditas, yang pada akhirnya berdampak pada CPI AS.

Dinamika inflasi di Tiongkok

EUR/USD: Apakah sentimen bearish terjadi?

Ditambah dengan pemulihan rantai pasokan, yang menghilangkan guncangan pasokan, dan pertumbuhan produktivitas di AS, maka situasinya akan mulai terlihat seolah-olah The Fed akan merayakan kemenangan atas harga yang tinggi. Memang benar, salah satu alasan eksepsionalisme Amerika adalah produktivitas tenaga kerja yang lebih tinggi dibandingkan negara lain, berkat teknologi kecerdasan buatan. Jika demikian, perusahaan mungkin tidak menaikkan harga meskipun upah meningkat. Itu sebabnya CPI meningkat sebesar 3,1% di bulan Januari, sedangkan PPI hanya meningkat sebesar 0,9%.

Di Eropa, situasinya berbeda. Karena produktivitas yang lebih rendah, PDB berkembang lebih lambat. Pengusaha terpaksa menaikkan harga sebagai respons terhadap pertumbuhan upah. Risiko divergensi inflasi di zona euro lebih besar dibandingkan di AS. Oleh karena itu, ECB mungkin akan menaikkan suku bunga lebih lambat dibandingkan The Fed. Berita bagus untuk EUR/USD.

Dynamics of central bank rates

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
EUR/USD: Apakah sentimen bearish terjadi?

Dengan demikian, keengganan dolar AS untuk bereaksi terhadap statistik harga produsen yang kuat, pemeliharaan retorika dovish oleh anggota Fed, dan kedekatan ekspektasi pasar mengenai waktu dan skala ekspansi moneter terhadap perkiraan FOMC bulan Desember menunjukkan bahwa banyak argumen bearish yang mendukung EUR/USD telah berhasil. Apakah sudah waktunya bagi euro untuk mulai tumbuh?

Secara teknis, pada grafik harian pasangan mata uang utama, pembentukan pin bar dengan bayangan bawah yang panjang merupakan sinyal serangan balik bullish. Niat mereka untuk mengambil inisiatif ditegaskan dengan pola 1-2-3. Selain itu, penembusan resistance di level 1.079 dapat menjadi dasar untuk membentuk long position pada EUR/USD.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.