Note

Peluang IHSG Usai Pemilu Masih Positif?

· Views 36
Peluang IHSG Usai Pemilu Masih Positif?
Peluang IHSG Usai Pemilu Masih Positif? (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dilanda aksi profit taking meski asing melakukan pembelian. Aksi profit taking terjadi karena indeks saham sudah naik beberapa hari setelah pemilu.

"Memang menjadi hal yang lumrah di Indonesia gitu ya, pertama memang kalau kita lihat pasar keuangan positif terhadap semua pasangan yang ada dan yang kedua setiap kali hasil pemilu yang ada pasar selalu mengapresiasi kenaikan," kata Pengamat Pasar Modal Hans Kwee dalam Market Buzz Power Breakfast IDX, Selasa (20/2/2024).

Hal itu karena ada harapan baru tentang kebijakan baru yang akan membawa ekonomi Indonesia lebih baik. Selain itu, pemilu yang damai sangat penting sekali dan diharapkan akan diterima oleh semua pihak yang membuat pasar terapresiasi.

"Pemilu punya dampak yang positif pada kita, karena ketidakpastian global memang tensi di Timur Tengah masih tinggi, perang di Rusia-Ukraina belum tahu finalnya seperti apa, kemudian kita lihat juga ada pemilu di 57 negara termasuk Indonesia, sehingga ketika pemilu sudah berjalan dengan baik ini menurunkan risiko dalam negeri," jelas Hans.

Artinya, sebelum itu ada risiko politik, tetapi sesudah pemilu berkurang. Sehingga diapresiasi pasar kemudian ada kenaikan.

Menurut Hans, support IHSG harian ada di 7.277-7.197 kemudian resisten ada di 7.339-7.370.

Adapun pelemahan indeks terjadi bukan faktor dalam negeri lagi, karena positif imbas pemilu, koreksi di faktor global karena The Fed akan menunda penurunan suku bunga lagi.

"Sering dengan waktu, indeks harga konsumen AS naik diatas perkiraan pasar, tetapi menimbulkan ekspektasi Federal Reserve itu tidak akan pemotongan bunga dalam waktu yang cepat," ujar Hans.

Berikut saham pilihan rekomendasi yang bisa dikoleksi:

ASRI 153 - 163 BUY
ICBP 11200 - 11825 BUY
SCMA 142 - 162 BUY
UNVR 2800 - 3280 BUY

(DES)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.