Note

Menperin Buka Suara Soal Kabar BMW Mau Bikin Mobil Listrik di RI

· Views 24
Menperin Buka Suara Soal Kabar BMW Mau Bikin Mobil Listrik di RI
Agus Gumiwang Kartasasmita - Foto: Agus Gumiwang (Eva/detikcom)
Jakarta

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita buka suara soal kabar raksasa otomotif Jerman, BMW bakal investasi kendaraan listrik di Indonesia. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto sebelumnya menyebut BMW mau investasi ke pengembangan kendaraan listrik di Indonesia.

Agus mengaku baru dengar ada minat BMW menggarap pasar kendaraan listrik di Indonesia. Yang dia tahu ada satu perusahaan Eropa yang mau investasi kendaraan listrik ke Indonesia, namun bukan BMW.

Dia cuma berharap bila benar ada komunikasi antara Airlangga dan BMW bisa menjadi kenyataan hingga perusahaan tersebut bisa ikut mengembangkan kendaraan listrik di Indonesia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Dari perusahaan Eropa yang saya tahu satu perusahaan tapi bukan BMW. Tapi semoga komunikasi pak Airlangga menuju ke situ," ujar Agus ketika ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (19/2/2024).

Pada gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 kemarin, Airlangga bilang BMW menjadi salah satu perusahaan Eropa yang minat berinvestasi kendaraan listrik di Indonesia.

Sejauh ini, BMW sendiri memang sudah merakit mobilnya di Indonesia. Perusahaan Jerman itu sudah punya fasilitas produksi yang berlokasi di Sunter, namun khusus kendaraan Internal Combustion Engine (ICE) alias kendaraan berbahan bakar bensin.

"Eropa kita lihat karena melalui CKD (completely knocked down), salah satunya BMW," kata Airlangga pada acara yang dihelat di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (15/2/2024).

Namun Airlangga kala itu belum bisa mengungkapkan besaran investasi yang bakal keluar dari pabrikan asal Jerman tersebut. Meski demikian, pabrikan akan menyampaikan detilnya nanti karena saat ini sedang melakukan detail studi.

"Tanya BMW, dia udah punya pabrik," tegas Airlangga singkat.

(hal/kil)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.