Note

Stafsus Erick Ungkap Kesepakatan Divestasi Vale, Ada Jatah Direksi & Komisaris

· Views 22
Stafsus Erick Ungkap Kesepakatan Divestasi Vale, Ada Jatah Direksi & Komisaris
Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga/Foto: dok. PSSI
Jakarta

Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga mengungkap, negosiasi terkait divestasi saham PT Vale Indonesia Tbk telah mencapai kesepakatan-kesepakatan yang baik. Salah satu kesepakatan tersebut di antaranya BUMN punya hak untuk menempatkan direksi dan komisaris tertentu.

"Pokoknya sudah ada inilah ya, sudah ada kesepakatan-kesepakatan yang baik, kan yang dulu sebelumnya, bulan lalu kita sepakat untuk bahwa nanti misalnya karena BUMN, pemerintah punya mayoritas, terbesar, maka dia punya hak terhadap direksi mana, direksi yang mana, kemudian komisaris mana komisaris mana," katanya di Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Senin (19/2/2024).

Dia menyebut, perkembangan terkait divestasi ini telah disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Arya mengatakan, harga saham pada divestasi ini juga telah disepakati, tapi ia enggan membeberkannya. Dia mengatakan, harga tersebut sesuai dengan harapan Menteri BUMN Erick Thohir yang ingin harganya tidak mahal.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Saya rasa sudah semua dilaporin, makanya ini kan tinggal tahap terakhir saja. Masalah harga juga sudah disepakati bersama, mudah-mudahan nggak ada yang meleset lagi lah. Tapi sesuai harapannya Pak Erick juga, kan Pak Erick minta kemarin kalau harganya terbaik dan bagus jangan mahal-mahal, dan kayaknya ini udah tercapai," terangnya.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan akan melaporkan kesepakatan terkait divestasi saham Vale Indonesia kepada Jokowi. Jika Jokowi merestui, BUMN akan melakukan penandatanganan dengan pemegang saham Vale terkait divestasi tersebut.

"Saya akan melaporkan daripada kesepakatan Vale di mana Kementerian BUMN, Kementerian Investasi dan Kementerian ESDM bersama-sama berkesinambungan melakukan negosiasi ini. Jadi nanti kalau harganya sudah bener-bener kita laporkan ke Bapak Presiden, Bapak Presiden sudah meng-OK-kan baru nanti ada penandatanganan kerja sama antara tentu BUMN dengan Vale," terang Erick di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (18/2).

Sementara, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyebut, MIND ID dan para pemegang saham PT Vale Indonesia Tbk telah mencapai kesepakatan harga terkait divestasi saham. Arifin menyebut, saat ini tinggal proses administrasi.

"Iya, insyaallah sudah tinggal administrasi saja," kata Arifin di Gedung Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Ditjen Migas) Kementerian ESDM, Jakarta Selatan, Jumat (16/2).

Bicara harga saham, ia menyebut di kisaran Rp 3.000-an per saham. "Kepalanya tiga, tapi kepalanya mendem," ujarnya.

(acd/ara)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.