Note

Bursa Asia Dibuka Beragam Awal Pekan, Indeks Saham China Menguat

· Views 20
Bursa Asia Dibuka Beragam Awal Pekan, Indeks Saham China Menguat
Bursa Asia Dibuka Beragam Awal Pekan, Indeks Saham China Menguat. (Foto: Reuters)

IDXChannel - Bursa saham Asia dibuka beragam pada perdagangan awal pekan, Senin (19/2/2024). 

Bursa Hong Kong kembali mengalami tekanan diikuti oleh Nikkei 225 Jepang setelah mencapai rekor kenaikan tertinggi pada sesi sebelumnya.

Baca Juga:
Bursa Asia Dibuka Beragam Awal Pekan, Indeks Saham China Menguat IHSG Dibuka Koreksi ke 7.323, Saham HUMI Pimpin Top Losers

Sementara bursa Korea Selatan hingga Australia dibuka menguat.

Bursa China kembali buka setelah seminggu penuh tutup karena libur Tahun Baru Imlek 2024.

Baca Juga:
Bursa Asia Dibuka Beragam Awal Pekan, Indeks Saham China Menguat BEI Gembok Saham Grahaprima Suksesmandiri (GTRA), Ini Alasannya

Indeks CSI 300 China menguat 0,48 persen di level 3.381, diikuti oleh kinerja Shanghai Composite yang menguat 1,05 persen. Penguatan pasar saham China ini dinantikan investor untuk melihat bagaimana dampak liburan Imlek dapat mendorong perekonomian negeri Tirai Bambu kembali bangkit.

Sementara Hang Seng Hong Kong malah anjlok 1,07 persen di level 16.165. Adapun indeks KOSPI Korea Selatan bertenaga 0,97 persen di level 2.674. Kontras, indeks Nikkei 225 malah koreksi tipis 0,36 persen di level 38.348. Namun, ini masih menjadi level tertinggi indeks saham Jepang tersebut. Sementara indeks ASX 200 Australia juga menguat tipis 0,1 persen. (Lihat grafik di bawah ini.)

Bursa Asia Dibuka Beragam Awal Pekan, Indeks Saham China Menguat


Dari Tanah Air, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka melemah di pekan pasca adanya gelaran pemilihan umum (pemilu) 2024.

IHSG dibuka terkoreksi 0,38 persen di level 7.307. Sebelumnya, keunggulan perhitungan cepat untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden 02 digadang berkontribusi dalam membuat kinerja IHSG bertenaga. 

IHSG ditutuk naik 0,44 persen di level 7.335 pada pekan lalu, di mana secara mingguan menguat 1,09 persen. 

Dari bursa Amerika Serikat (AS), Wall Street kompak anjlok pada penutupan perdagangan jelang akhir pekan, Jumat (16/2/2024) waktu setempat.

Indeks S&P 500 (.SPX) turun 0,48 persen, berakhir pada 5.029,67 poin, sedangkan Nasdaq Composite (.IXIC) turun 0, 82 persen dan Dow Jones Industrial Average (.DJI) turun 0,37 persen.

Setelah menguat selama lima minggu berturut-turut, ketiga indeks Wall Street mencatatkan penurunan mingguan.

Penurunan Wall Street disebabkan karena sebagian besar saham mega cap turun. Terlihat dari m saham Meta Platforms yang anjlok 2,2 persen dan menyeret indeks layanan komunikasi di S&P 500 menyusut 1,56 persen.

Dalam laporan terbaru Departemen Tenaga Kerja AS , inflasi harga produsen meningkat lebih dari perkiraan pada Januari.

Kondisi ini menambah kekhawatiran bahwa inflasi akan meningkat setelah berbulan-bulan mengalami penurunan. 

Data terbaru ini dapat mendorong The Fed untuk menunggu sebelum menurunkan suku bunga. 

Awal pekan ini, data harga konsumen yang tinggi memicu aksi jual di pasar saham AS meskipun laporan penurunan penjualan ritel bulan Januari pada Kamis lalu memicu harapan penurunan suku bunga.

Selain itu, The People's Bank of China (PBoC) mempertahankan suku bunga pinjaman kebijakan satu tahunnya, yang dikenal sebagai fasilitas pinjaman jangka menengah (medium-term lending facility/MLF), sebesar 2,5 persen pada Minggu (18/2/2024).
 
Kebijakan ini diambil bank sentral China tersebut di tengah upaya untuk mencegah lebih banyak tekanan pada yuan dan pasar saham, serta krisis properti yang berlarut-larut di negeri tersebut.
 
Bank sentral juga memberikan suntikan dana kecil sebesar CNY 1 miliar ke dalam sistem perbankan dan menjadi suntikan dana terkecil sejak Agustus lalu.
 
Dewan PBoC mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka berusaha untuk menjaga likuiditas sistem perbankan dalam jumlah yang cukup, terutama setelah liburan Tahun Baru Imlek selama seminggu.
 
Para pembuat kebijakan sejak Juni 2023 telah mendukung mata uang lokal dengan nilai tukar hariannya, yang membatasi pergerakan yuan dalam negeri sebesar 2 persen di kedua sisi, menurut Bloomberg News.
 
Pada Januari 2024, komite nasional menurunkan rasio persyaratan cadangan untuk bank komersial sebesar 50bps dan merupakan penurunan terbesar dalam dua tahun yang mulai berlaku pada awal Februari lalu. (ADF)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.