Note

Erick Thohir Buka-bukaan soal 2 Pilihan di Negosiasi Divestasi Saham Vale

· Views 30
Erick Thohir Buka-bukaan soal 2 Pilihan di Negosiasi Divestasi Saham Vale
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Ilyas Fadilah/detikcom)
Jakarta

Menteri BUMN Erick Thohir buka-bukaan mengenai dua pilihan yang ditawarkan saat negosiasi divestasi saham PT Vale Indonesia Tbk. Ia menyebut, sejak awal memberikan dua pilihan terkait divestasi ini yakni relinquish (penciutan lahan) atau diskon.

Erick mulanya menjelaskan, pihaknya akan melaporkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal kesepakatan divestasi Vale. Jika Jokowi merestui, maka akan dilakukan penandatanganan divestasi saham. Setelah itu, Erick menekankan, bahwa pihaknya tidak mempersulit investasi asing.

"Saya yang mau tekankan di sini gini loh, saya tidak mempersulit investasi, saya tidak ada arogansi dengan asing, tetapi sebagai bangsa kita mesti pintar. Jangan bernegosiasi pakai bahasa Inggris yang harusnya 'No no no' tapi karena kita terbatas malu gengsi 'yes yes yes' akhirnya kita menjual negara kita," kata Erick di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (18/2/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Erick mengatakan, pihaknya tak ada masalah dengan Vale. Ia menganggap, Vale perusahaan bagus karena membawa kerja sama dengan Ford dan Volks Wagen. Hal itu pun juga membuat pasar Indonesia seimbang karena ada China, Jerman, Amerika hingga Korea.

"Maka sejak awal waktu negosiasi Vale opsinya dua, dia relinquist atau diskon," terangnya

Erick ingin pihak-pihak yang investasi di Indonesia menjaga komitmennya. Sebab, investasi dibutuhkan untuk membuka lapangan kerja.

"Itulah kenapa saya tidak mau menjual negara, saya mau negosiasi kenceng dengan semua pihak-pihak yang selama ini sudah diinvestasi di Indonesia tapi komitmennya harus kita jaga. Jangan ibaratnya punya tambang diduduki, 50 tahun lagi baru masanya, nggak bisa. Kan kita perlu yang namanya jobs, pekerjaan," jelasnya.

(acd/das)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.