Note

Ekspansi Pasar, Cemindo Gemilang (CMNT) Tambah Modal Perusahaan Semen di Madagaskar

· Views 39
Ekspansi Pasar, Cemindo Gemilang (CMNT) Tambah Modal Perusahaan Semen di Madagaskar
Ekspansi Pasar, Cemindo Gemilang (CMNT) Tambah Modal Perusahaan Semen di Madagaskar. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - PT Cemindo Gemilang Tbk melalui anak usahanya, Cemindo Investments Pte. Ltd. (CIPL) melakukan penambahan modal tidak langsung kepada Alpha Ciment SA.

Dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), CIPL telah melakukan penyertaan modal secara tidak langsung dalam Alpha Ciment SA melalui CIMAD Holdings Ltd, suatu perusahaan induk yang berdomisili di Mauritius pada 7 Februari 2024 lalu.

Baca Juga:
Ekspansi Pasar, Cemindo Gemilang (CMNT) Tambah Modal Perusahaan Semen di Madagaskar Dukung Operasional Pabrik di Tuban, Semen Indonesia Pasang PLTS Atap Kapasitas 6,39 Mwp

Alpha Ciment SA, atau yang dahulu bernama Ciment Madagascar SA merupakan suatu perusahaan yang berdomisili di Madagaskar dan saat ini mengoperasikan dua pabrik. Pabrik Alpha Ciment SA berlokasi di Ibity dengan kapasitas produksi sebesar 180 ribu ton semen per tahun dan 130 ribu ton klinker per tahun. Serta, pabrik yang berlokasi di Tamatave yang merupakan packaging plant dengan kapasitas 380 ribu ton per tahun.

“Alasan dilakukannya transaksi tersebut adalah agar perseroan menemukan pasar baru secara global dan ekspansi di negara-negara yang masih mengimpor semen,” kata Wakil Presiden Direktur CMNT, Vince Erlington Indigo dalam keterbukaan informasi, dikutip Minggu (18/2/2024).

Baca Juga:
Ekspansi Pasar, Cemindo Gemilang (CMNT) Tambah Modal Perusahaan Semen di Madagaskar 6 Penyebab Sementara Transaksi Tidak dapat Diproses pada M-Banking BCA

Vince mengatakan, perseroan merupakan salah satu eksportir utama produk semen dan klinker dari Indonesia. Adapun, transaksi yang dilakukan mampu mendukung perseroan meningkatkan eksistensinya di seluruh wilayah dunia dengan cara yang lebih bermakna dalam beberapa tahun mendatang.

“Transaksi penyertaan modal tidak langsung yang dilakukan oleh CIPL dalam Alpha Ciment SA tidak mempunyai dampak terhadap kegiatan operasional, aspek hukum, kondisi keuangan atau kelangsungan usaha perseroan,” ujar Vince.

Baca Juga:
Ekspansi Pasar, Cemindo Gemilang (CMNT) Tambah Modal Perusahaan Semen di Madagaskar Tersengat Pemilu 2024 dan Prospek IKN, Saham Konstruksi-Semen Melambung

Lebih lanjut, transaksi yang dilakukan merupakan perubahan kegiatan usaha atau transaksi material berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 17/POJK.04/2020 tentang Transaksi Material dan Perubahan Kegiatan Usaha.

Sementara itu, transaksi yang dilakukan bukan merupakan transaksi afiliasi atau transaksi benturan kepentingan berdasarkan POJK Nomor 42/POJK.04/2020 tentang Transaksi Afiliasi dan Benturan Kepentingan. 

(SLF)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.