Note

Wall Street Pekan Depan Prediksi Laporan Pendapatan Nvidia Bisa Dorong Pasar Saham AS

· Views 38
Wall Street Pekan Depan Prediksi Laporan Pendapatan Nvidia Bisa Dorong Pasar Saham AS
Wall Street Pekan Depan Prediksi Laporan Pendapatan Nvidia Bisa Dorong Pasar Saham AS. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Wall Street dalam sepekan kedepan akan dipengaruhi oleh laporan pendapatan dari produsen chip Nvidia (.NVDA) yang dapat menjadi bukti keberanian untuk salah satu nama terpanas di pasar. 

Hal itu karena demam kecerdasan buatan (AI) yang telah membantu mendorong kenaikan saham-saham AS dalam beberapa bulan terakhir. Mengutip Reuters, kegembiraan atas potensi bisnis AI telah meningkatkan saham Nvidia lebih dari 46% sejak 1 Januari.
 
Peningkatan kapitalisasi pasarnya sebesar USD570 miliar lebih dari tiga kali lipat nilai pasar Intel (INTC.O), membuka tab baru. Saham Nvidia, yang chipnya dianggap sebagai standar emas di industri AI, melonjak hampir 240% pada tahun 2023.

Baca Juga:
Wall Street Pekan Depan Prediksi Laporan Pendapatan Nvidia Bisa Dorong Pasar Saham AS Wall Street Dibuka Beragam Terbebani Laporan Inflasi Produsen

Keuntungan produsen chip ini menyumbang lebih dari seperempat kenaikan S&P 500 tahun ini. Indeks acuan naik hampir 5% tahun ini, setelah optimisme terhadap AI membantu mendorong indeks naik 24% pada tahun 2023.

Kini menjadi perusahaan paling bernilai ketiga di Wall Street setelah Apple (AAPL.O) dan Microsoft (MSFT.O), Nvidia juga menjadi pemimpin industri kecerdasan buatan. 

Baca Juga:
Wall Street Pekan Depan Prediksi Laporan Pendapatan Nvidia Bisa Dorong Pasar Saham AS Wall Street Ditutup Lebih Tinggi, Dow Jones Naik Nyaris 1 Persen

Saham lain yang berfokus pada AI telah melonjak tahun ini, termasuk Super Micro Computer Inc (SMCI.O), yang naik 182% year-to-date, dan Arm Holdings, naik hampir 71%.

“Ketika orang mengatakan bahwa pasar berjalan baik tahun ini, yang mereka maksudkan adalah teknologi berjalan dengan baik, dan Nvidia adalah inti dari hal tersebut,” kata Keith Lerner, kepala strategi pasar di Truist Advisory Services.

Baca Juga:
Wall Street Pekan Depan Prediksi Laporan Pendapatan Nvidia Bisa Dorong Pasar Saham AS Wall Street Dibuka Menguat Terkerek Data Penjualan Ritel 

“Ada kegembiraan dalam AI dan jika optimisme tersebut tidak dipenuhi oleh pendapatan maka Anda akan melihat hal tersebut akan berdampak dengan cepat dan membebani sentimen.”

Nvidia akan merilis hasil pendapatan kuartalan pada 21 Februari. Wall Street memperkirakan pendapatan sebesar USD4,56 per saham, dan peningkatan pendapatan kuartalan menjadi USD20,378 miliar dari USD6,05 miliar tahun lalu, menurut perkiraan rata-rata dari 33 analis, berdasarkan data LSEG.

Mengingat ukuran perusahaan dan pentingnya kisah AI, hasil Nvidia dapat menjadi sangat penting untuk sentimen pasar, kata Kevin Landis, manajer portofolio di Firsthand Capital.

“Setiap kali terjadi reli pasar saham yang besar, selalu ada saham favorit yang memimpinnya,” kata Landis yang menyesal menjual sahamnya di Nvidia tahun lalu. “Sulit untuk tidak melihat ke Nvidia dan melihat… hal itulah yang mendorong psikologi pasar secara keseluruhan.”

Tidak mengherankan jika para pedagang bersiap menghadapi pergerakan besar pada saham perusahaan. Opsi Nvidia menentukan harga ayunan sekitar 11% di kedua arah menyusul hasilnya, menurut data dari layanan analisis opsi ORATS.

Data ORATS menunjukkan bahwa ini merupakan ekspektasi pergerakan opsi terbesar yang telah diperkirakan oleh para pedagang sebelum pendapatan Nvidia selama tiga tahun terakhir dan jauh di atas pergerakan pendapatan rata-rata saham sebesar 6,7% selama periode tersebut.

Tom Hainlin, ahli strategi investasi senior di Bank Wealth Management AS, mengatakan pembaruan positif terhadap prospek perusahaan Nvidia dapat memicu lebih banyak optimisme AI dan memperpanjang reli pasar yang telah terkonsentrasi pada kelompok saham megacap Magnificent Seven, di mana Nvidia adalah salah satu anggota grupnya.

Saham Meta Platforms (META.O), anggota grup lainnya, telah melonjak 34% tahun ini sementara Apple turun 5%. Saham Tesla (TSLA.O) telah anjlok hampir 20% setelah pembuat mobil listrik itu memperingatkan pertumbuhan penjualan yang "sangat rendah" tahun ini dan menyusutnya margin.

“Saat ini investor menghargai visibilitas pertumbuhan pendapatan dan hal itu memberikan keuntungan lebih bagi Nvidia,” kata Hainlin.
Di sisi lain, investor mungkin menggunakan laporan yang kurang bagus sebagai peluang untuk mengambil keuntungan.

Ryuta Makino, analis riset di Gabelli Funds, yakin antusiasme investor terhadap Nvidia begitu tinggi sehingga sahamnya bisa turun setidaknya 10% jika perusahaan hanya memenuhi ekspektasi, tanpa melebihi ekspektasi.

Dia tetap optimis terhadap Nvidia karena meningkatnya belanja modal dari pelanggan seperti Amazon.com dan Microsoft ke bisnis cloud mereka, yang bergantung pada chip perusahaan.

Laporan mengecewakan dari Nvidia juga dapat memperburuk kekhawatiran akan banyaknya saham-saham terbesar di pasar, kata Michael Purves, kepala Tallbacken Capital Advisors.

Secara keseluruhan, investor mempunyai alokasi tertinggi pada sektor teknologi sejak Agustus 2020, menurut fund manager dalam survei terbaru yang dilakukan oleh BofA Global Research.

“Ini adalah pilar pertumbuhan indeks hari ini, namun pada titik tertentu tangki bensin akan kosong,” kata Purves.

(SLF)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.