Note

Menperin Dikabarkan Mau Atur Baterai Mobil Listrik LFP, Ini Respons Menteri ESDM

· Views 22
Menperin Dikabarkan Mau Atur Baterai Mobil Listrik LFP, Ini Respons Menteri ESDM
Menteri ESDM Arifin Tasrif/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif merespons kabar yang menyebut Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita akan mengatur baterai mobil listrik termasuk lithium ferrophosphate (LFP). LFP sempat menjadi topik yang hangat karena diangkat dalam debat calon wakil presiden (cawapres) oleh Gibran Rakabuming Raka beberapa waktu lalu.

Terkait rencana pengaturan tersebut, Arifin mengaku belum berkoordinasi. Namun, dia mengatakan, LFP sudah masuk ke Indonesia dan digunakan oleh beberapa merek mobil seperti Wuling dan BYD.

"LFP saya juga belum koordinasi, tapi LFP ini kan BYD sudah masuk kaya Wuling, kemudian BYD. BYD itu sekarang di dunia sudah ngalahin pasar Tesla," katanya di Gedung Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Ditjen Migas) Kementerian ESDM, Jakarta Selatan, Jumat (16/2/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dia mengatakan, terkait baterai mobil listrik ini lebih baik diserahkan ke konsumen. Konsumen bisa memilih baterai mobil listrik mana yang dianggap cocok.

"Baiknya sih nanti diserahkan sama konsumen, mana yang dia relay, yang mana dia paling senang pakai jenisnya," katanya.

Arifin melanjutkan, terpenting yang perlu didorong adalah pengurangan emisi dan ketergantungan terhadap BBM. "Cuma yang harus kita perhatikan kualitas, di lain sisi harus mendorong industrialisasi sumber daya alam mineral kita untuk bisa bikin produksi baterai listrik," katanya.

(acd/ara)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.