Note

Ikhtisar pasangan GBP/USD. 16 Februari. Perekonomian Inggris: Apakah resesi sudah mulai?

· Views 30

Ikhtisar pasangan GBP/USD. 16 Februari. Perekonomian Inggris: Apakah resesi sudah mulai?

Pasangan mata uang GBP/USD mempertahankan bias ke bawah sepanjang hari Kamis, namun pada saat yang sama, kembali sulit untuk mengatakan secara pasti bahwa pasangan ini sedang menurun. Tren penurunan baru dimulai dua minggu lalu, dan harga keluar dari channel sideways yang diperdagangkan selama 1,5 bulan. Namun, setelah dorongan awal ke bawah, pasangan ini terkoreksi ke atas selama seminggu, dan hanya berita kuat yang menguntungkan dolar yang menunjukkan pergerakan ke bawah yang baru. Pound jatuh selama dua minggu terakhir ketika latar belakang makroekonomi atau fundamental kuat dan mendukung dolar.

Dengan demikian, tren penurunan bisa dibilang sedang berlangsung, namun trader harus tetap bersabar untuk melakukan aksi jual. Sejujurnya, bahkan sulit bagi kami untuk berspekulasi mengenai informasi tambahan apa yang diperlukan untuk menjangkau para trader agar mereka dapat meninggalkan "kecintaan tanpa syarat" mereka terhadap pound Inggris. Pound jatuh atau seharusnya turun berdasarkan semua faktor dan jenis analisis yang tersedia. Perekonomian Inggris tidak lagi menggembirakan kita minggu ini. Meskipun terjadi penurunan pengangguran yang tidak terduga, kami juga ingin mengingatkan masyarakat bahwa inflasi tetap tidak berubah dan pertumbuhan upah melambat lebih dari perkiraan. Indikator klaim pengangguran seharusnya bisa lebih baik.

Kemarin, laporan PDB dirilis, yang sudah biasa diabaikan oleh banyak orang. Dalam enam kuartal terakhir (tidak termasuk kuartal keempat tahun 2023), perekonomian Inggris menunjukkan perubahan berkisar antara -0.1% hingga +0.2%. Namun, pertumbuhan ekonomi pada kuartal IV mencapai -0,3%. Hal ini tentu saja belum termasuk dalam resesi, seperti yang terlihat dalam data tahunan, bukan triwulanan. Namun, jelas bagi semua orang bahwa perekonomian Inggris sedang bergerak menuju resesi setelah periode stagnasi. Perekonomian Inggris telah mengalami kontraksi selama dua kuartal berturut-turut. Berapa lama BOE akan diam-diam mengawasi hal ini?

Perlu juga diingat bahwa perekonomian Inggris telah melalui masa-masa sulit sejak tahun 2016 ketika para pendukung Brexit memenangkan referendum dengan selisih yang minimal. Seperti yang ditunjukkan oleh jajak pendapat baru-baru ini di kalangan warga Inggris, bahkan mereka yang memilih Brexit pun kini menganggapnya sebagai sebuah kesalahan. Perekonomian Inggris telah kehilangan lebih dari 160 miliar euro akibat Brexit, dan angka ini akan terus meningkat setiap tahunnya.

Kemudian datanglah pandemi, dengan pemerintah tidak menunjukkan efisiensi yang diperlukan, dan Boris Johnson sudah lama menolak untuk mempercayai keberadaan "sejenis virus corona". Kemudian, datanglah masa jabatan singkat Liz Truss, yang hampir mengubur perekonomian. Kemudian, terjadi periode inflasi tinggi dan pemulihan ekonomi yang berkepanjangan. Kini, karena tingginya suku bunga BOE, pertumbuhan ekonomi menjadi negatif selama dua kuartal berturut-turut.

Perekonomian Inggris tetap menjadi salah satu yang terkuat di dunia, namun perekonomiannya akan segera berhenti seperti ini. Laporan PDB kemarin secara tajam meningkatkan kemungkinan BOE bergerak menuju pelonggaran kebijakan moneter dengan lebih cepat. Jadi, sekali lagi, kita berbicara tentang faktor "bearish" untuk pound Inggris. Satu-satunya hal yang perlu ditambahkan ke persamaan ini adalah pelemahan pound terhadap dolar AS, yang perekonomiannya masih jauh dari masalah seperti itu.

Namun demikian, indikator CCI untuk pound juga telah memasuki area oversold, dan pasar mungkin akan mulai membeli pound lagi. Namun, tidak ada alasan untuk melakukan hal ini selama beberapa bulan. Semua faktor teknikal juga menunjukkan penurunan, namun kami tidak melihat adanya penurunan, karena pasar sudah lupa di mana tombol "jual" berada.

Lihat juga: Mulai trading Forex dengan broker level Eropa!
Ikhtisar pasangan GBP/USD. 16 Februari. Perekonomian Inggris: Apakah resesi sudah mulai?

Rata-rata volatilitas pasangan GBP/USD selama lima hari trading terakhir pada 16 Februari adalah 69 poin. Untuk pasangan pound/dolar, nilai ini dianggap "rata-rata". Oleh karena itu, pada hari Jumat, 16 Februari, kami memperkirakan pergerakan dalam kisaran yang dibatasi oleh level 1,2508 dan 1,2646. Reversal indikator Heiken Ashi ke bawah akan menunjukkan dimulainya kembali pergerakan ke bawah.

Level-level support terdekat:

S1 – 1,2573

S2 – 1,2512

S3 – 1,2451

Level-level resistance terdekat:

R1 – 1,2634

R2 – 1,2695

R3 – 1,2756

Rekomendasi Trading:

Pasangan GBP/USD telah keluar dari channel sideways dan mungkin mulai membentuk tren menurun, yang telah kita bicarakan sejak lama. Namun, momen ini selalu tertunda. Pasangan ini berhasil turun lebih dari 200 poin tetapi kemudian terkoreksi menuju moving average. Kami memperkirakan penurunan akan terus berlanjut, dengan target di 1,2512 dan 1,2451. Posisi long dapat dipertimbangkan setelah harga berkonsolidasi di atas moving average, dengan target di 1,2695 dan 1,2756 dan latar belakang makroekonomi yang menguntungkan. Namun, jika tren penurunan benar-benar mulai terjadi saat ini, jelas bahwa pembelian tidak dapat menjadi prioritas.

Penjelasan ilustrasi:

Channel regresi linier - membantu dalam menentukan tren saat ini. Jika keduanya ke arah yang sama, maka trennya kuat.

Garis moving average (pengaturan 20,0, diratakan) - menentukan tren jangka pendek dan arah trading.

Level Murray - level target untuk pergerakan dan koreksi.

Level volatilitas (garis merah) - kemungkinan channel harga tempat pasangan akan bergerak pada hari berikutnya, berdasarkan indikator volatilitas saat ini.

Indikator CCI - entri ke dalam area oversold (di bawah -250) atau overbought (di atas +250) menunjukkan bahwa reversal tren sedang mendekat ke arah yang berlawanan.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.