Note

Divestasi Deal, Saham Vale Ambles 7,75% ke Level Rp 3.690

· Views 35
Divestasi Deal, Saham Vale Ambles 7,75% ke Level Rp 3.690
Ilustrasi saham - Foto: Getty Images/iStockphoto/Orientfootage
Jakarta

Saham emiten pertambangan nikel yakni PT Vale Indonesia Tbk (INCO) terpantau ambles pada perdagangan sesi II, Jumat (16/2/2024). Kondisi ini terjadi setelah adanya kabar bahwa proses divestasi 14% saham perusahaan kepada Holding BUMN Pertambangan, MIND ID, telah disepakati.

Dikutip dari RTI pada pukul 16.00 WIB, saham INCO ditutup di level Rp 3.690/saham. Saham INCO terpantau ambles 7,75% alias turun Rp 310 dari nilainya saat pembukaan sebesar Rp 3.950/saham. Adapun pergerakan sahamnya hari ini berada pada rentang harga Rp 3.650-4.000 per unit.

Saham INCO sendiri terpantau menukik tajam pada pukul 14.00. Pada jam tersebut, saham INCO dijual dalam posisi di kisaran Rp 3.950/saham, kemudian langsung turun hingga ke level Rp 3.860/saham. Saham INCO terus berfluktuasi hingga akhirnya ditutup di level Rp 3.690/saham.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Saham INCO pada perdagangan hari ini telah ditransaksikan sebanyak 15.637, dengan volume sebesar 52,47 juta lembar saham. Sementara untuk nilai transaksinya sudah mencapai Rp 198,89 miliar. Adapun kapitalisasi pasarnya saat ini mencapai Rp 36,67 triliun.

Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyebut, MIND ID dan para pemegang saham PT Vale Indonesia Tbk telah mencapai kesepakatan harga terkait divestasi saham. Arifin menyebut, saat ini tinggal proses administrasi.

"Iya, Insyaallah sudah tinggal administrasi saja," kata Arifin di Gedung Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Ditjen Migas) Kementerian ESDM, Jakarta Selatan, Jumat (16/2/2024).

Arifin mengatakan, telah terjadi kesepakatan terkait dengan divestasi saham ini. Kesepakatan itu sesuai dengan saham yang dilepas. Bicara harga saham, ia menyebut di kisaran Rp 3.000-an per saham.

"Kepalanya tiga, tapi kepalanya mendem," ujarnya.

(shc/kil)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.