Note

Konversi Motor BBM ke Listrik Sepi Peminat, Menteri ESDM: Banyak STNK Bodong

· Views 24
Konversi Motor BBM ke Listrik Sepi Peminat, Menteri ESDM: Banyak STNK Bodong
Menteri ESDM Arifin Tasrif/Foto: Kementerian ESDM
Jakarta

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif buka suara mengenai minimnya masyarakat yang melakukan konversi atau modifikasi dari motor BBM ke listrik. Arifin mengatakan, sebenarnya masyarakat yang ingin mendaftar banyak, tapi takut melakukan karena STNK bodong.

"Ternyata gini daftarnya banyak, yang mendaftar banyak, ternyata banyak yang STNK-nya bodong. Jadi pada takut mendaftar," kata Arifin di Gedung Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Ditjen Migas) Kementerian ESDM, Jakarta Selatan, Jumat (16/2/2024).

Arifin bercerita, mobil listrik mendapat insentif berupa penghapusan pajak progresif. Arifin berharap, kewajiban pajak untuk motor-motor tersebut dihapus.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Sekarang kan gini, contohnya kan mobil listrik itu kan pajak progresif hilang. Kita juga bagaimana yang dulu-dulu bisa nggak dosanya dihapus," ujarnya.

Lanjut Arifin, konversi motor listrik ini merupakan salah satu cara untuk mendorong kendaraan ramah lingkungan. "Cara satu-satunya yang motor-motor tua ini yang harus kita bisa coba untuk dorong dikonversi," ungkapnya.

Sebelumnya, Plt Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Dirjen EBTKE) Jisman P Hutajulu mengungkapkan, realisasi konversi motor listrik sebanyak 181 unit sepanjang 2023. Realisasi ini tentunya masih jauh dari target 50.000 motor konversi pada 2023. Padahal pemerintah telah memberikan insentif Rp 10 juta untuk menarik peminat.

"Jadi sudah ada 181 permohonan selesai dikonversi. Nah 145 permohonan telah menerima bantuan pemerintah dengan total nilai total Rp 1,4 miliar," kata Jisman dalam acara Konferensi Pers di Gedung Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Jakarta Selatan, Kamis (18/1).

(acd/ara)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.