Note

Prospek dari EUR/USD pada 16 Februari. Dolar mendadak mundur

· Views 23

Analisis dari EUR/USD 5M

Prospek dari EUR/USD pada 16 Februari. Dolar mendadak mundur

EUR/USD terkoreksi lebih tinggi pada hari Kamis, dan, pada akhir hari, melewati garis kritis. Tren menurun tetap utuh pada saat ini, tetapi pasangan seringkali melakukan koreksi ke atas, sehingga melanggar garis Kijun-sen bukanlah sinyal yang menunjukkan awal pembalikan tren bullish. Kemarin, pasar memiliki alasan bagus untuk menjauhkan diri dari dolar (atau mengambil keuntungan dari posisi jual). Dua laporan AS ternyata jauh lebih lemah dari perkiraan. Penjualan eceran turun 0,8% pada bulan Januari, sementara perkiraan memprediksi penurunan paling banyak 0,1%, dan produksi industri turun 0,1%, sementara para pedagang mengharapkannya naik sebesar 0,3-0,5%.

Oleh karena itu, sudah cukup dapat diprediksi bahwa dolar akan turun, tetapi kedua laporan ini hampir tidak memengaruhi gambaran fundamental, makroekonomi, dan teknis secara keseluruhan. Ekonomi Amerika masih lebih kuat daripada yang Eropa. Bank Sentral Eropa sedang mempertimbangkan pemotongan suku bunga pertama sejak awal musim panas. Pada saat yang sama, Federal Reserve menunda pemotongan suku bunga pertamanya dari Maret menjadi Mei atau bahkan Juni. Pada akhirnya, kedua bank sentral mungkin akan mulai menurunkan suku bunga hampir secara bersamaan, yang sangat bertentangan dengan harapan pedagang dari sebulan yang lalu. Kami percaya bahwa dolar masih memiliki keunggulan, sehingga akhirnya akan memulai pergerakan ke atas.

Tidak banyak sinyal trading pada hari Kamis. Meskipun reaksi pasar terhadap data AS, volatilitas hanya 50 pips. Sinyal beli terbentuk setelah pasangan tersebut menembus area 1.0751-1.0757 dan memantul dari sana. Para trader bisa membuka posisi beli dalam kedua kasus tersebut, tetapi seperti yang kami sebutkan sebelumnya, pergerakan ke atas tidak terlalu kuat, sehingga tidak mungkin untuk membuat keuntungan substansial. Hari ini, pasangan tersebut mungkin akan turun.

Laporan COT:

Laporan COT terbaru tercatat pada 6 Februari. Posisi bersih trader non-komersial telah bullish untuk waktu yang cukup lama. Jumlah posisi beli jauh lebih tinggi daripada jumlah posisi jual. Namun, dalam beberapa minggu terakhir, jumlah posisi beli telah berkurang, sementara jumlah posisi jual meningkat, yang sejalan dengan pergerakan euro saat ini dan harapan kami.

Kami percaya bahwa euro seharusnya turun dan tren naik harus berakhir. Selama minggu laporan terakhir, jumlah posisi beli untuk kelompok non-komersial meningkat sebesar 2.000, sementara jumlah posisi jual meningkat sebesar 28.800. Oleh karena itu, posisi bersih turun sebesar 16.600. Jumlah kontrak beli masih lebih tinggi daripada jumlah kontrak jual di antara pedagang non-komersial sebesar 62.000. Kesenjangan ini cukup besar, tetapi kami mulai melihat perubahan yang nyata. Bahkan tanpa laporan COT, jelas bahwa euro seharusnya turun lebih jauh. Analisis EUR/USD 1H

Analisis dari EUR/USD 1H

Lihat juga: Mulai trading Forex dengan broker level Eropa!
Prospek dari EUR/USD pada 16 Februari. Dolar mendadak mundur

Pada grafik 1 jam, tren menurun tetap ada, bahkan jika pasangan tersebut terkonsolidasi di atas Kijun-sen. Menurut pendapat kami, semua faktor saat ini menunjukkan bahwa dolar akan menguat. Oleh karena itu, kami mengharapkan euro akan turun. Target terdekat adalah area 1.0658-1.0669. Pasangan ini mungkin mencapai target ini dalam waktu dekat. Sekarang kita perlu menunggu fase korektif berakhir dan harga secara mantap kembali di bawah garis kritis. Ini bisa terjadi secepat hari ini.

Pada tanggal 16 Februari, kami menyoroti level berikut untuk trading: 1.0530, 1.0581, 1.0658-1.0669, 1.0757, 1.0823, 1.0889, 1.0935, 1.1006, 1.1092, serta garis Senkou Span B (1.0813) dan Kijun-sen (1.0751). Garis indikator Ichimoku dapat bergerak selama satu hari, sehingga hal ini harus diperhitungkan saat mengidentifikasi sinyal trading. Jangan lupa untuk menetapkan Stop Loss yang menguntungkan jika harga telah bergerak sesuai arah yang diinginkan sebesar 15 pips. Ini akan melindungi Anda dari potensi kerugian jika sinyal ternyata palsu.

Pada hari Jumat, tidak ada peristiwa signifikan yang dijadwalkan di Uni Eropa, sementara AS akan menerbitkan beberapa laporan sekunder. Meskipun mereka dapat memprovokasi reaksi sebesar 30-40 pips (seperti yang kita saksikan kemarin), kami tidak mengharapkan pergerakan yang kuat. Pada jadwal AS, Core PPI, PPI, Izin Bangunan, dan Sentimen Konsumen Preliminar Universitas Michigan akan diumumkan lebih lanjut pada hari Jumat. Jika, misalnya, ketiga laporan tersebut ternyata kuat, dolar dapat naik sebesar 50-60 pips. Tren menurun akan tetap utuh selama harga tetap berada di bawah garis Senkou Span B.

Deskripsi grafik:

Garis merah tebal menunjukkan level support dan resistance di dekatnya di mana tren bisa berakhir. Mereka tidak memberikan sinyal trading;

Garis Kijun-sen dan Senkou Span B adalah garis indikator Ichimoku, yang diplot ke kerangka waktu 1H dari 4H. Mereka memberikan sinyal trading;

Level ekstrem adalah garis merah tipis dari mana harga memantul sebelumnya. Mereka memberikan sinyal trading;

Garis kuning adalah garis tren, saluran tren, dan pola teknis lainnya;

Indikator 1 pada grafik COT adalah ukuran posisi bersih untuk setiap kategori trader;

Indikator 2 pada grafik COT adalah ukuran posisi bersih untuk kelompok non-komersial.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.