Note

Tunjuk Direktur Keuangan Baru, Kinerja Pertamina Geothermal (PGEO) Dinilai Menjanjikan

· Views 25
Tunjuk Direktur Keuangan Baru, Kinerja Pertamina Geothermal (PGEO) Dinilai Menjanjikan
Tunjuk Direktur Keuangan Baru, Kinerja Pertamina Geothermal (PGEO) Dinilai Menjanjikan (foto: MNC media)

IDXChannel - PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGEO) baru saja rampung menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), di Jakarta, Senin (12/2/2024).

Dalam rapat tersebut, pemegang saham perusahaan sepakat melakukan pergantian manajemen, di mana Yurizki Rio ditunjuk sebagai Direktur Keuangan yang baru, menggantikan Nelwin Aldriansyah.

Baca Juga:
Tunjuk Direktur Keuangan Baru, Kinerja Pertamina Geothermal (PGEO) Dinilai Menjanjikan Sah, Pertamina Geothermal (PGEO) Tunjuk Yurizki Rio Jadi Direktur Keuangan

Langkah pergantian Board of Director (BoD) anak usaha PT Pertamina (Persero) tersebut pun panen apresiasi, lantaran dinilai membawa harapan baru terhadap perkembangan bisnis perusahaan ke depan.

"Dengan adanya figur Direktur Keuangan baru tentu kita bisa berharap ada pendekatan-pendekatan baru, terobosan-terobosan baru di bidang keuangan. Bukan berarti Direktur Keuangan sebelumnya kurang atau tidak perform, tapi dengan sosok Direktur Keuangan baru harapannya semakin melengkapi dan bahkan menyempurnakan landasan finansial yang sudah ada di perusahaan," ujar Analis Senior dari CSA Research Institute, Reza Priyambada, Selasa (13/2/2024).

Baca Juga:
Tunjuk Direktur Keuangan Baru, Kinerja Pertamina Geothermal (PGEO) Dinilai Menjanjikan PGEO Kerja Sama dengan Pengembang Panas Bumi Turki

Terlebih, menurut Reza, sosok Yurizki diketahui memiliki rekam jejak yang cukup mentereng di industri keuangan dan pasar modal nasional.

Misalnya saja, sebelum ditunjuk sebagai Direktur Keuangan PGEO, Yurizki tercatat menjabat sebagai Director - Head of Investment Banking Advisory/M&A PT BNI Sekuritas (BNIS). Tak hanya itu, Yurizki juga pernah memegang jabatan sebagai Investment Banking Associate - Advisory & Capital Market PT Mandiri Sekuritas pada 2014 hingga 2017 lalu.

Baca Juga:
Tunjuk Direktur Keuangan Baru, Kinerja Pertamina Geothermal (PGEO) Dinilai Menjanjikan Saham PGEO Masuk Daftar LQ45 di BEI

Tak hanya di dalam negeri, Yurizki juga pernah bergabung dengan Onstar Express Pte Ltd (Group Hold Co) dengan jabatan Vice President - Head of Corporate Finance and Investments.

"Artinya, Pak (Yurizki) Rio ini kita bisa lihat juga punya pengalaman panjang di bidang investasi dan pembiayaan, yang itu tentu sangat berguna bagi PGEO yang membutuhkan dukungan pembiayaan kuat dalam pengembangan bisnis ke depan," tutur Reza.

Pasalnya, dikatakan Reza, bisnis yang digeluti PGEO sebagaimana diketahui adalah pemanfaatan energi panas bumi, yang notabene termasuk dalam ekosistem energi baru terbarukan (EBT).

Sedangkan sudah menjadi rahasia umum, pengembangan EBT di Indonesia saat ini demikian menjanjikan, namun sekaligus juga cukup menantang (challenging) lantaran karakteristiknya yang membutuhkan investasi yang relatif tinggi (high cost investment).

"Jadi memang tugas Direktur Keuangan itu bukan sekadar mengatur keuangan saja, bukan hanya soal menjaga arus debet dan kredit saja, tapi lebih dari itu adalah bagaimana menciptakan terobosan-terobosan baru di bidang keuangan, agar bisa menopang sisi finansial perusahaan, ketika ekspansi digenjot sedemikian rupa," ungkap Reza.

Dengan melihat kebutuhan tersebut, Reza mengaku cukup percaya bahwa penunjukan sosok Yurizki merupakan langkah yang tepat. Terlebih, bagi kelompok bisnis sebesar Pertamina Group, Reza yakin tidak akan gegabah dalam menentukan sosok baru untuk menduduki jabatan strategis, seperti halnya Direktur Keuangan di PGEO.

"Pasti semuanya sudah dipertimbangkan dengan matang. Saya yakin nama Pak (Yurizki) Rio mulai masuk dalam kandidat hingga akhirnya terpilih, juga pasti didasarkan pada penilaian yang obyektif dan berkualitas. Kita sebagai pelaku pasar tinggal menunggu saja seberapa jauh sepak
terjang Direktur Keuangan baru ini bisa memaksimalkan kinerja bisnis PGEO ke depan," tegas Reza. (TSA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.