Note

BPTJ Cek Kesiapan Operasional Layanan BTS BISKITA di Kota Bekasi

· Views 23

Pasardana.id-Dalam rangka persiapan pengoperasian Layanan Buy The Service (BTS) atau BISKITA di Kota Bekasi, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) bersama Dinas Perhubungan Kota Bekasi melakukan pengecekan kesiapan armada BTS di Pool Sinar Jaya Cibitung yang saat ini sudah memasuki proses akhir penyelesaian (finishing).

Direktur Angkutan BPTJ, Tatan Rustandi menyampaikan, bahwa pengecekan dilakukan untuk melihat kesiapan armada yang akan dioperasikan awal Maret mendatang.

"Saat ini armada sedang dirapikan, akan dipasangi sticker dan melakukan penyesuaian-penyesuaian. Sinar Jaya sebagai operator akan menyiapkan komponen-komponen yang diperlukan sesuai ketentuan dan SPM," jelas Tatan, seperti dilansir dari siaran pers, Kamis (15/2/2024).

Adapun Nama dan ikon yang akan disematkan pada BTS Bekasi juga akan menunggu persetujuan Pemkot Bekasi.

"Pastinya nama BISKITA yang akan tetap kita gunakan, namun apakah BISKITA Trans Bekasi atau BISKITA Trans Patriot menunggu keputusan Pemerintah Kota Bekasi," tambah Tatan.

Pengoperasian BTS di Kota Bekasi akan diserahkan kepada PT. Sinarjaya Megah Langgeng.

Nantinya Bus yang akan disediakan sebanyak 15 armada dengan 14 unit yang akan dioperasionalkan salah satunya ramah difable dan 1 unit cadangan.

Sementara itu Direktur Utama PT. Sinarjaya Megah Langgeng, Teddy Kurniawan Rusly menyampaikan bahwa kehadiran Sinar Jaya sebagai operator layanan BTS Kota Bekasi merupakan sebuah penghargaan.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada PT. Sinarjaya Megah Langgeng. Dengan pengalaman yang dimiliki Sinar Jaya selama kurang lebih 41 tahun, Kami berharap layanan BTS nantinya dapat berjalan dengan lancar tentunya dengan dukungan dari Organda," pungkas Teddy.

Senada dengan Sinar Jaya, Ketua Organda Kota Bekasi, Indra Hermawan menyatakan bahwa Organda menyambut baik dengan adanya BTS yang sudah lama dinantikan.

"Kami berharap Organda bersama-sama dengan operator dapat berkoordinasi untuk mewujudkan layanan angkutan umum yang lebih baik di Kota Bekasi," jelas Indra.

Sama halnya seperti di Kota Bogor, layanan BTS di Kota Bekasi akan memenuhi standar yang telah ditentukan dan memiliki perangkat IT yang setara.

Perangkat yang akan disiapkan adalah passenger counting, GPS tracking, mobile DVR (perangkat untuk memonitoring dengan kecepatan 2G-4G), camera surveillance (perangkat untuk merekam), CP4 (perangkat untuk memonitoring kendaraan pada dashboard driver dengan menggunakan RFID), dan TOB (perangkat untuk transaksi pembayaran penumpang).

Direncanakan BTS di Kota Bekasi akan melayani dari pukul 05.00 - 21.00 dengan kecepatan rata-rata 22-25 km/jam dan waktu tunggu 10 menit serta ritase sebanyak 7.

Program BTS di Kota Bekasi merupakan program skema membeli layanan dari pemerintah pusat untuk menyediakan angkutan umum massal. Kota Bekasi merupakan kota kedua setelah Kota Bogor yang akan menyediakan layanan BTS di Bodetabek.

BISKITA merupakan singkatan dari Bus Inovatif, Solusi Transportasi Perkotaan Terintegrasi dan Andal. Diharapkan dengan penyediaan layanan BISKITA di Bodetabek dapat memodernisasi dan menyamaratakan angkutan umum massal seperti layaknya di Kota Jakarta.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.